Angkasa Pura I Siapkan 20 Bilik Tes RT-PCR untuk Hadapi PPLN di Bali

JagatBisnis.com –  PT Angkasa Pura (AP) l telah menyiapkan 20 bilik tes RT-PCR dan jumlah kapasitas tes PCR mencapai 930 tes per jam di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali. Tes PCR tersebut bekerjasama dengan Rumah Sakit Umum Bali Jimbaran untuk penyediaan fasilitas mini laboratorium untuk menghadapi kedatangan Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN).

Vice President Corporate Secretary PT Angkasa Pura I (Persero) Handy Heryudhitiawan mengatakan secara umum waktu yang dibutuhkan PPLN untuk melalui proses kedatangan internasional di Bandara l Gusti Ngurah Rai, termasuk menunggu hasil RT-PCR hingga proses penjemputan ke hotel yaitu 104 menit atau 1 jam 44 menit.

“Kami juga berkoordinasi dengan Kantor Otoritas Bandara Wilayah IV, Imigrasi, Bea Cukai, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Satgas Covid-19, TNI & Polri serta Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI). Sehingga pembukaan gerbang internasional bagi PPLN non Pekerja Migran Indonesia (PMI) bisa terawasi dengan baik,” katanya, Selasa (2/1/2022).

Baca Juga :   Pandemi Bikin Gaji Karyawan PT Angkasa Pura I Tersendat

Dia menjelaskan, derdasarkan data yang dimilikinya, sejak penerbangan internasional dibuka per 14 Oktober 2021 untuk Bandara I Gusti Ngurah Rai, belum ada maskapai internasional yang mendarat. Bulan Februari ini terdapat tiga maskapai yang sudah mengajukan rute secara resmi dan memperoleh izin.

Baca Juga :   Terlilit Utang Rp35 Triliun, Angkasa Pura I Siapkan Restrukturisasi pada 2022

“Garuda Indonesia tujuan Narita – Bali tanggal 2 Februari 2022, Singapore Airlines tujuan Singapura – Bali tanggal 16 Februari 2022 dan Batik Air tujuan Bali – Singapura,” tutur Handy.

Baca Juga :   Gempa Larantuka, Operasi Bandara El Tari Kupang Tetap Normal

Dia menambahkan, pembukaan kembali penerbangan internasional PPLN non PMI ini akan dibuka sesuai dengan aturan pemerintah. Penerbangan internasional ke Bali akan kembali dibuka secara bertahap, mulai 4 Februari 2022 mendatang. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO