Pemerintah Gandeng Merck hingga Pfizer Bangun Pusat Riset Vaksin di Bali

JagatBisnis.com –  Pemerintah berencana membangun pusat riset atau Research Center Vaksin di Bali. Dalam pengembangannya akan bekerjasama dengan sejumlah perusahaan farmasi ternama dunia, seperti Merck, Pfizer, dan Cansino.

“Ke depan akan ada temuan vaksin-vaksin baru lagi, kita tidak tahu. Tapi yang jelas di Bali, kami akan membuat research centre untuk vaksin. Kami akan bekerjasama dengan dengan Merck, Pfizer, dan Cansino,” kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, dalam Sidang MPL PGI secara virtual, Minggu (30/1/2022).

Dia menjelaskan, Indonesia akan segera memulai produksi vaksin buatan dalam negeri, yaitu vaksin Merah Putih. Mulai Juni 2022 mendatang, vaksin ini sudah diproduksi. Apalagi, pemerintah telah berkomitmen dah tengah fokus untuk mempercepat program vaksinasi, khususnya bagi kalangan anak-anak.

“Anak-anak yang belum disuntik kita dorong, dan elnery juga orang yang lebih tua dan komorbid. Karena yang meninggal kami temukan itu banyak yang dari komorbid. Apalagi, jenis vaksin yang telah digunakan di Indomesia saat ini sudah paling baik dan tepat dan sesuai standar WHO. Jadi, tidak ada lagi yang lebih bagus dari pada itu, dan saya juga ingatkan tetap protokol kesehatan adalah kunci,” pungkasnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO