Kebakaran di Kebon Baru, Dinsos DKI Dirikan Tenda Darurat untuk 25 Korban

JagatBisnis.com – Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Sosial (Dinsos) DKI Jakarta akan memberikan bantuan kepada korban kebakaran rumah tinggal di wilayah Kebon Baru, Tebet, Jakarta Selatan.

Camat Tebet, Dyan Airlangga mengatakan nantinya Dinsos DKI akan membangun tenda darurat bagi 25 warga yang terdampak.

“Saat ini yang terdata itu ada 25 warga. Yang terdampak dari kebakaran ini. Dari Dinas Sosial hari ini memasang tenda. Kemudian untuk masa tanggap darurat, sesuai dengan SOP kita laksanakan selama lima hari,” kata Dyan dikutip pada Sabtu (29/1).

Baca Juga :   Penghuni Rumah di Pademangan Lolos dari Amukan Api

Dyan menjelaskan, diberlakukannya masa tanggap darurat, pihaknya akan memberikan bantuan non tunai dan dukungan lain selama lima hari ke depan.

“Mungkin nanti bisa ditampung di keluarganya atau bagaimana. Tapi kita pemerintah DKI Jakarta kita lakukan tanggap darurat selama 5 hari,” ujarnya.

Selain itu, Dyan menjelaskan warga yang terdampak kebakaran itu mayoritas pendatang dari luar Jakarta, serta sebagian besar di antaranya bekerja sebagai sopir dan sebagainya.

“Dari mereka usahanya informal saja. Ada tukang sampah, pemulung, ada sopir dan sebagainya,” pungkasnya.

Baca Juga :   Ibu dan Anak Tewas Terpanggang dalam Kebakaran Ruko di Tangerang

Kebakaran rumah tinggal di Jalan Gang Mesjid 2 RT 03/RW 1, Kelurahan Kebon Baru, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan pada Sabtu (29/1) pagi menewaskan 3 warga penghuni kontrakan.

Petugas Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Selatan, Sartono mengatakan, awalnya pihaknya menerima informasi kebakaran pukul 05.05 WIB dan langsung mengerahkan tiga mobil pemadam ke lokasi kejadian.

“Yang terbakar tiga rumah dan satu rumah terdiri atas 9 pintu kontrakan. Korban Jamilah, (40), Madura Maseroh (60) dan Kumis (60),” kata Sartono.

Api berhasil dipadamkan setelah 13 unit mobil dan 60 personel pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi kejadian.

Baca Juga :   Kedai Bakso di Jakbar Kebakaran, 3 Pegawai Alami Luka Bakar

Sartono mengatakan, ketiga korban ditemukan saat petugas pemadam melakukan pendinginan dan tim melakukan pembersihan untuk mengurai puing dari sisa kebakaran.

Sementara itu, Ketua RT 3/RW 1 Kebon Baru, Tebet, Muslim mengatakan pihaknya mengetahui peristiwa itu saat selesai melaksanakan salat Subuh sekitar pukul 04.45 WIB.

“Kalau masalah peristiwa kita tahu pas Salat Subuh anak-anak pada teriak begitu salat selesai, saya ikut keluar tau-tau api sudah besar,” kata Muslim.(pia)

MIXADVERT JASAPRO