Cegah Penularan Omicron, Warga Diminta Hindari Perjalanan ke Luar Kota

JagatBisnis.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang mengimbau warga tidak melakukan perjalanan keluar kota pada saat libur perayaan Imlek 2573 tahun 2022 untuk mencegah kasus Omicron meski sampai saat ini belum ditemukan di Palembang.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Palembang, Fenty Aprina, mengatakan untuk menhindari resiko terpapar sebaiknya menahan dulu untuk berpergian ke luar kota. “Walaupun sampai saat ini belum ditemukan Omicron di Palembang tapi sebaiknya tidak perlu ke luar kota,” kata

Saat ini berdasarkan data Dinkes Palembang, kasus COVID-19 masih mengalami penambahan dan meningkat pesat. Catatan harian menunjukkan rata-rata kenaikan kasus mencapai sembilan orang dalam satu hari.

Baca Juga :   Kasus COVID-19 Varian Omicron di Thailand Naik 48 Persen Dalam Sehari

Angka harian kasus aktif COVID-19 masih terjadi. Potensi penularan virus di tengah masyarakat tetap ada, meski hingga kini varian jenis Omicron belum terdeteksi di Palembang. Masyarakat diminta tetap harus waspada dan mengenali gejalanya agar bisa mencegah paparan virus.

Baca Juga :   Kasus Omicron BA.4 dan BA.5 Capai 143 Jiwa

“Kenaikan kasus memang mulai terlihat lagi, walaupun bukan jenis Omicron. Kalau menurut para ahli, jenis ini cepat menular dan kita juga yang terkonfirmasi ini rata-rata pelaku perjalanan,” tuturnya.

Baca Juga :   Hindari Berkerumunan di Dalam Ruangan untuk Cegah Varian Omicron

Terkait soal pembatasan berlaku saat perayaan Imlek, Fenty belum dapat memberikan keterangan pasti karena pihaknya hanya dapat memberi arahan dan instruksi. Penerapan aturan tetap menjadi kewenangan pemerintah kota. (pia)

MIXADVERT JASAPRO