Berhala Bermata Satu Ditemukan di Kota Kuno Petra

JagatBisnis.com – Arkeolog menemukan patung batu unik yang disebut berhala di situs kota kuno Petra, Yordania. Berhala bermata satu itu ditemukan di wilayah yang dulu dihuni bangsa Nabatean.

Dr Glen Corbett, dari American Center for Oriental Research mengatakan, bangsa Nabatean saat itu menyembah tiga dewa wanita, yakni Allat (Dewi), Al-‘Uzza (Yang Mahakuasa) dan Manat (Dewi Takdir). Berhala yang ditemukan itu adalah dewi Al-‘Uzza, dewi terkuat dalam kepercayaan bangsa Nabatean.

“Orang-orang Nabatean yang tinggal di Petra tampaknya telah menyembah dewi Al-‘Uzza. Sebuah patung mata yang unik, diukir dengan hiasan, itu adalah gambar dewi yang mencolok,” katanya seperti dikutip Express, Minggu (30/1/2022).

Dia menjelaskan, berhala itu ditemukan di tengah Petra berdiri Kuil Singa Bersayap karena berdasarkan ukiran singa bersayap yang pernah menghiasi tiang-tiangnya. Berhala itu ditemukan di tengah reruntuhan candi. Berhala itu dipercaya didedikasikan untuk dewi Al-‘Uzza.

“Kuil itu sepertinya dianggap sebagai tempat ritual misterius untuk memuja Al-‘Uzza. Ritual akan melibatkan pembakaran dupa dan nyanyian. Di dalam, podium suci dirancang khusus sehingga gambar dewi dapat disembunyikan dari pandangan. Dengan cara yang sangat dramatis, saat menarik tirai, tiba-tiba, Anda berhadapan dengan gambar visual dewi Al-‘Uzza, duduk di atas podium pemujaan,” ujar Dr Corbett.

Menurut dia, selanjutnya pendeta akan memainkan peran penting dalam ritual. Status besar Al-‘Uzza menunjukkan wanita Nabatean juga penting dalam masyarakat ini. Karena orang Nabatean tidak meninggalkan banyak catatan, sehingga sulit untuk mengukur bagaimana masyarakatnya dibentuk.

“Tapi, catatan yang bertahan tampaknya menunjukkan wanita memiliki posisi yang sangat kuat. Bukti-bukti ini menunjukkan, wanita memegang kendali di Nabatean,” tutupnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO