Bandara Halim Ditutup, Ada 67 Pesawat Dipindah

JagatBisnis.com – Sebanyak 67 pesawat komersial yang dioperasikan maskapai niaga berjadwal dan tidak berjadwal sudah dipindahkan dari Bandara Halim Perdanakusuma. Proses pemindahan dilakukan secara bertahap sejak 22-25 Januari 2022 lalu.

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan pemindahan dialihkan ke bandara penerima sesuai skenario yang disusun tim Operation Readiness and Airport Transfer (ORAT) bersama pemangku kepentingan terkait, seperti Otoritas Bandara Wilayah I, Kementerian Perhubungan, AirNav Indonesia, dan masing-masing maskapai.

“Pesawat komersial terakhir yang dipindah dari Bandara Halim Perdanakusuma adalah N881SG Boeing Business Jet (BBJ) yang lepas landas sekitar pukul 23.36 WIB menuju Bandara Soekarno Hatta,” katanya, Kamis (27/1/2022).

Baca Juga :   Mulai Besok, Bandara Halim Dibuka Kembali untuk Layani VIP

Dia menjelaskan, skenario perpindahan pesawat berjalan lancar. Oleh karena itu, pihaknya berterima kasih kepada seluruh pihak atas kolaborasi yang baik. Sehingga dalam 4 hari seluruh pesawat maskapai niaga berjadwal dan tidak berjadwal telah dipindahkan dari Bandara Halim Perdanakusuma.

Baca Juga :   Bandara Halim Perdanakusuma Beroperasi Kembali 1 September 2022

“Adapun, bandara yang paling banyak menerima perpindahan pesawat adalah Bandara Soekarno Hatta, yakni sebanyak 7 pesawat maskapai niaga berjadwal dan 42 pesawat maskapai niaga tak berjadwal,” paparnya.

Menurut dia, Bandara Soekarno Hatta, mengoptimalkan parking stand yang ada untuk menerima kepindahan pesawat dari Bandara Halim Perdanakusuma. Bandara Soekarno Hatta memiliki parking stand yang bisa memarkir hingga 270 pesawat. Sehingga kapasitas sangat siap untuk menerima kepindahan pesawat.

Baca Juga :   1 Januari 2022, Bandara Halim Perdanakusuma Ditutup

“Untuk penerbangan niaga tidak berjadwal di Bandara Soekarno Hatta akan dilakukan melalui commercial important person (CIP) lounge yang terletak di area gedung Terminal 1,” pungkasnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO