Kemenpora Beri Pelatihan pada Peserta Sekolah Pemerintahan dan Kebijakan Publik Golkar Institute

Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Asrorun Ni’am Sholeh mewakili Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memberikan pelatihan kepada peserta Sekolah Pemerintahan dan Kebijakan Publik Golkar Institute di Auditorium Wisma Kemenpora, Selasa (25/1) siang.(foto:egan/kemenpora.go.id)

JagatBisnis.comDeputi Bidang Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Asrorun Ni’am Sholeh mewakili Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memberikan pelatihan kepada peserta Sekolah Pemerintahan dan Kebijakan Publik Golkar Institute di Auditorium Wisma Kemenpora, Selasa (25/1) siang. 

Memulai paparannya, Asrorun Ni’am menyanpaikan salam hangat Menpora Amali kepada peserta karena tidak bisa hadir dalam acara tersebut. Sebab disaat yang bersamaan harus menghadiri acara rapat dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). 

“Pertama kali saya sampaikan salam hormat dari Menteri Pemuda dan Olahraga, bapak Dr. Zainudin Amali yang sedianya bergabung bersama rekan-rekan semuanya. Tapi pada saat bersamaan ada rapat bersama DPR,” ujar Niam. 

Kemudian selanjutnya, Niam menyebutkan bahwa kegiatan yang bertajuk “Executive Education Program for Young Political Leaders, Batch-5” ini sangat penting untuk mengakselerasi peranan pemuda di bidang sosial dan poltik. 

Sebab, menurut survei terkahir yang dilakukan CSIS dan Alvara Institute menyatakan bahwa keberperanan dan partisipasi pemuda di bidang sosial politik itu belum sampai 4 persen. 

“Sepertinya jumlahnya sangat rendah dibanding dengan populasi kita yang secara demografi berada di dalam bonus demografi, dimana usia produktif itu mendominasi. Dari usia produktif itu kita ambil sekuel usia yang dirumuskan DPR 16-30 tahun dari total populasi kita 265 juta jiwa itu ada 23, 4 persen setara 64 juta jiwa,” jelasnya. 

Niam kemudian menjelaskan bahwa anak muda memiliki peran di dalam perubahan sosial menuju yang lebih baik, dimanapun dan kapanpun. 

“Sejarah perubahan masyarakat gak ada yang tanpa keterlibatan anak muda baik di Indonesia maupun di dalama perubahan masyarakat di dunia,” katanya. 

Sementara itu, Sekretaris Golkar Institute, Ferdiansyah dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini berlangsung selama satu minggu yang diikuti oleh peserta dibawah 40 tahun. 

“Peserta dari berbagai kabupaten dan provinsi di Indonesia. Ini angkatan kelima pertama, kedua, ketiga hingga keempat sudah berlangsung dengan baik,” katanya. 

Menurut dia, kunjungan lapangan mengunjungi langsung Instansi pemerintah dalam hal ini Kemenpora, untuk memberikan wawasan dan informasi kepada peserta sekolah pemerintah dan kebijakan publik Golkar Institute supaya mereka bisa menjawab tantangan kedepan. 

“Kami menghaturkan terimakasih atas nama Golkar Institute bahwa kami diterima, kami berharap dari pejabat Kemenpora bisa memberikan yang terbaik untuk peserta Golkar Institute,” harapnya. 

Hadir dalam acara ini, Ketua Dewan Pengurus Golkar Institute, Dr. TB. H. Ace Hasan Syadzily, Faculty Chair Golkar Institute Mulya Ari dan pengurus lainnya. 

Sementara itu dari Kemenpora, turut hadir Sekretaris Deputi Pengembangan Pemuda, Amar Ahmad, Asdep Kewirausahaan, Imam Gunawan, Asdep Standarisasi dan Infrastruktur, Andi Susanto dan Asdep Kepemimpinan dan Kepeloporan Pemuda, Dr. Ibnu Hasan.(adv)

Baca Juga :   Menpora Amali Puji Penampilan Evan Dimas dkk Usai Kalahkan Timor Leste 4-1 pada Laga Uji Coba FIFA Matchday
MIXADVERT JASAPRO