Agar Anak Nyaman saat Belajar, Coba Terapkan 4 Hal Ini

JagatBisnis.com – Keberhasilan anak dalam meraih prestasi belajar di sekolah sering ditunjang oleh telatennya orang tua membantu anak belajar.

Hal ini dapat disebabkan karena beberapa faktor, seperti gaya belajar yang tidak sesuai, lingkungan yang tidak mendukung, atau pembelajaran yang tidak sesuai dengan minat dan bakatnya. Untuk itu, orang tua mengemban peranan penting untuk mendampingi dan memotivasi anak, terlebih yang tengah menginjak bangku sekolah dasar, agar semangat belajar si kecil dapat terus tumbuh dan proses pembelajaran berjalan semakin efektif.

Simak empat kiat cerdas untuk tingkatkan semangat belajar anak dengan membangun rutinitas sehat, mengutip dari siaran resmi Sekolahmu, Senin.

1.Tentukan agenda belajar yang tepat

Langkah pertama untuk membangun kebiasaan belajar yang konsisten adalah dengan menentukan waktu belajar yang tepat. Rencanakan agenda keseharian anak dengan porsi yang sesuai dengan kemampuan anak dan orang tua. Sebelum menentukan agenda belajar, carilah waktu yang tepat bagi si kecil agar proses belajar bisa berjalan semakin efektif. Tidak perlu terlalu lama, belajar efektif bisa dilakukan dalam waktu 1-2 jam per hari yang mencakup pengulangan materi, mengerjakan PR, atau membaca materi yang akan dibahas keesokan harinya di sekolah.

Baca Juga :   Orangtua Harus Tahu 4 Hal saat Memilih Sekolah untuk Anaknya

2.Berikan metode pembelajaran yang mengasyikkan

Tidak semua anak menikmati metode pembelajaran yang sama. Maka dari itu, orang tua perlu tahu metode belajar mana yang paling sesuai dengan si kecil agar kegiatan belajar di rumah semakin menyenangkan. Banyak metode pembelajaran yang dapat dicoba untuk mengetahui metode mana yang paling cocok untuk anak, seperti dengan diskusi, eksperimen, demonstrasi, ceramah, debat, peta konsep, pembelajaran daring, hingga blended learning. Blended learning adalah sebuah metode pembelajaran yang tergolong baru, yaitu dengan cara menggabungkan strategi pembelajaran tatap muka dan pembelajaran jarak jauh atau daring.

Baca Juga :   60 Tenaga Pendidik di Kulon Progo Diberikan Bimtek Etika Berlalu Lintas

3.Berikan waktu istirahat yang cukup dan berkualitas

Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga butuh waktu istirahat yang cukup dan berkualitas. Bagaimanapun juga, kita harus ingat bahwa si kecil sudah menghabiskan banyak waktu dan energinya untuk belajar. Kekurangan istirahat bisa membuat anak hilang konsentrasi dan bahkan mengalami gangguan kesehatan. Sehingga, istirahat sangat penting dalam proses tumbuh kembang anak, tidak terkecuali ketika sedang belajar. Dengan istirahat yang cukup, si kecil akan kembali bersemangat untuk menjalani aktivitasnya, termasuk belajar.

Baca Juga :   Inilah Skema PTM Terbatas di Sekolah

4.Berikan apresiasi atas pencapaian target belajar

Berikanlah anak apresiasi dalam bentuk pujian atau hadiah tiap kali ia berhasil melalui proses belajar sesuai tujuan belajar. Apresiasi ini merupakan sebuah bentuk penghargaan atas usaha yang telah dikerahkan oleh anak dalam belajar. Apabila si kecil merasa dihargai atas usahanya, tentu ia akan semakin semangat belajar. Dengan begitu, anak akan termotivasi untuk memberikan hasil yang terbaik. Sebagai kiat tambahan, berikanlah hadiah yang dapat mendukung proses pembelajaran anak seperti buku, permainan edukatif, hingga perlengkapan seni rupa seperti cat lukis, krayon, atau pensil warna, untuk mendukung kreativitas anak. (pia)

MIXADVERT JASAPRO