Surat Suara Pilkada Ulang Yalimo Mulai Didistribusikan

JagatBisnis.com – Distribusi surat suara Pilkada ulang Yalimo mulai dilakukan melalui jalur udara menggunakan pesawat AMA. Pengiriman dengan pesawat berbadan kecil ini dilakukan ke sejumlah kampung di pedalaman Yalimo.

KPU Yalimo memastikan H-1 pilkada ulang pada 25 Januari mendatang, seluruh logistik pilkada harus sudah berada di 327 TPS yang tersebar di 5 Distrik di Kabupaten Yalimo.

Ketua KPU Yalimo Yehemia Walianggen menjelaskan pengiriman logistik pilkada hari ini dilakukan ke Distrik Apalapsili, Welarek dan Benawa.

Baca Juga :   Memilih Figur Tepat Penjabat Gubernur DKI Jakarta

“Sementara distrik yang dapat ditempuh dengan jalur darat, surat suaranya akan didistribusikan pada 22-25 Januari,” kata Yehemia, Sabtu (22/1/2022) saat ditemui di Wamena, Kabupaten Jayawijaya.

Yehemia menyebutkan distribusi kelengkapan pelaksanaan pilkada ulang Yalimo didahulukan ke distrik dan kampung-kampung yang jauh. “Pertimbangannya adalah faktor cuaca, sehingga 5 hari sebelum pelaksanaan sudah didistribusikan,” jelasnya.

Baca Juga :   Memilih Figur Tepat Penjabat Gubernur DKI Jakarta

Helikopter Dikerahkan
Selain menggunakan pesawat berbadan kecil, ada beberapa kampung di 5 distrik ini yang harus ditembus dengan helikopter karena tidak ada lapangan terbang dan akses dari kantor distrik cukup jauh.

Baca Juga :   Menkopolhukam: Jakarta Tak Gelar Pilkada, Tapi Juara Corona

“Sementara Distrik Abenaho dan Elelim logistiknya akan menggunakan jalur darat. Pengiriman logistik ke 5 distrik ini akan dikawal ketat oleh personel kepolisian setempat,” katanya.

Untuk diketahui jumlah TPS di Distrik Abenaho sebanyak 109, lalu TPS di Distrik Apalapsili 52 TPS, Distrik Elelim 49 TPS, Distrik Benawa 41 TPS dan Distrik Welarek 76 TPS. (pia)

MIXADVERT JASAPRO