Mendag: Minyak Goreng Rp14.000/Liter Akan Tersedia di Toko, Warung dan Pasar

Mendag, Muhammad Lutfi

JagatBisnis.com –  Minyak goreng satu harga Rp14.000 per liter sudah resmi dimulai, Rabu (19/1/2021). Untuk tahap awal hanya tersedia di ritel modern anggota Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo). Tapi dipastikan harga ini juga akan segera menyusul di seluruh toko sederhana dan pasar tradisional.

“Dalam waktu dekat saya pastikan minyak goreng Rp14.000/liter tersedia di seluruh toko, warung, dan pasar tradisional hingga pelosok Indonesia!,” kata Manteri Perdagangan (Mendag), Muhammad Lutfi seperti dikutip dari akun instagram resmi @mendaglutfi, Jumat (21/1/2022).

Dia menjelaskan, saat ini pihaknya masih memberikan waktu selama sepekan sejak penetapan minyak goreng kemasan satu harga, baik kemasan plastik maupun kemasan jeriken. Penyediaan minyak goreng kemasan melalui ritel merupakan tahap awal, selanjutnya dipastikan minyak goreng kemasan Rp14.000 per liter tersedia di pasar tradisional di seluruh Indonesia.

Baca Juga :   Langka, Harga Minyak Goreng di Natuna Melambung

“Harga Rp14.000 tersebut merupakan harga per liter minyak goreng. Artinya, untuk ukuran 2 liter dipatok Rp28.000. Begitupun untuk ukuran lainnya. Selain itu, minyak goreng kemasan sederhana maupun premium yang dijual setara Rp14.000 per liter ini hanya diperuntukkan bagi rumah tangga serta usaha kecil dan mikro (UKM).

Baca Juga :   Waspada, Minyak Goreng Palsu Beredar Luas

“Saat ini Pemerintah terus melakukan pemantauan secara ketat terkait implementasi minyak goreng satu harga Rp14.000 di seluruh ritel modern di 34 provinsi. Karena, jika ditemukan produsen atau perusahaan minyak goreng yang menjual di atas harga tersebut akan dikenakan sanksi,” tegas Lutfi. (eva)

MIXADVERT JASAPRO