Erick Thohir Tinjau Progres Pemugaran Gedung Sarinah Thamrin

JagatBisnis.com – Saat ini Sarinah yang merupakan salah satu pusat perbelanjaan legendaris di Ibu Kota Jakarta sedang dalam pemugaran. Mal milik BUMN ini dipugar untuk menjadi wadah pegiat industri kreatif lokal menciptakan dan menampilkan karyanya. Untuk mengetahui secara langsung perkembangan pemugaran terkini, Menteri BUMN Erick Thohir pun melakukan kunjungan pada Selasa (18/1/2022). Kunjungan tersebut sekaligus untuk mengisi acara Bincang Senja bersama para insan Sarinah dan mitra usaha.

Erick menjelaskan, saat ini kementeriannya sedang membangun ekosistem ritel terintegrasi bersama 5 BUMN. Di mana Sarinah berperan sebagai lokomotif penggerak UMKM dan brand lokal. Sehingga ke depannya, mal ini akan menjadi tempat diadakannya berbagai pameran internasional dan menjadi destinasi wajib wisatawan mancanegara yang mengunjungi Indonesia.

“Sarinah dengan 4 BUMN lainnya yang bergabung dengan Holding PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) berkolaborasi membentuk ekosistem pariwisata yang terintegrasi. Dengan adanya kolaborasi BUMN, maka terjadi cross selling dan kolaborasi end-to-end dalam bisnis pariwisata,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis (20/1/2022).

Baca Juga :   Erick Thohir Pastikan Kesiapan BUMN Dukung dan Sukseskan G20

Sementara itu, Direktur Utama PT Sarinah, Fetty Kwartati menjelaskan, melalui pemugaran kali ini, mal ini akan menghadirkan banyak ruang terbuka hijau untuk mendukung protokol kesehatan serta menyediakan ruang yang nyaman bagi para komunitas seni dan pengunjung. Sedangkan, untuk konsep akan mengusung urban forest dan community mall.

Baca Juga :   Holding PLN, Ini Update dari Menteri Erick Thohir

“Adanya pemugaran ini, kami ingin mwnghadirkan suasana santai agar dapat menjadi tempat populer baru di jantung ibukota. Dengan konsep diharapkan dapat menjadi wadah kolaborasi untuk berbagai komunitas, terutama komunitas kreatif. Karena sebagai heritage (warisan budaya), mal ini juga memiliki Cultural Zone dan Galeri Sarinah sebagai wadah seniman berkarya,” paparnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney Dony Oskaria menambahkan, inovasi mal ini ke depannya adalah menjadi operator ritel dan UMKM terbesar di Indonesia. Sehingga seluruh ritel BUMN ke depannya akan dioperasikan oleh mal ini. Maka, kesempatan untuk bekerja sama tidak hanya secara fisik, tapi juga bisa merambah ke bandara di Indonesia dan lain yang juga dikelola oleh BUMN dan sebagainya.

Baca Juga :   Akhir Tahun, Menteri Erick Bakal Cuci Gudang Petinggi BUMN

“Tidak hanya itu, kami melalui Sarinah akan terus mendorong produk baru dan membangkitkan brand lokal Indonesia untuk terus berekspansi dan bersaing secara global,” tutup Dony. (eva)

MIXADVERT JASAPRO