Mulai Besok, Harga Minyak Goreng Rp14.000 per Liter Beredar

JagatBisnis.com – Ada kabar gembira buat masyarakat, khususnya ibu rumah tangga. Karena pemerintah telah memutuskan untuk meningkatkan upaya menutup selisih harga minyak goreng. Sehingga masyarakat dapat memperoleh harga minyak goreng kemasan dengan harga terjangkau, yaitu Rp14.000,00 per liter.

“Pemberlakuan kebijakan satu harga untuk minyak goreng akan dimulai pada hari Rabu (19/1/2022), mulai pukul 00.00 WIB di seluruh Indonesia. Namun, khusus untuk pasar tradisional diberikan waktu penyesuaian selambat-lambatnya 1 minggu dari tanggal pemberlakuan,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto ketika memimpin Rapat Komite Pengarah Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), Selasa (18/1/2022).

Menurut dia, hal itu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, industri mikro, dan industri kecil. Kebijakan ini didasarkan atas hasil evaluasi yang mempertimbangkan ketersediaan dan keterjangkauan harga minyak bagi masyarakat. Apalagi, upaya menutup selisih harga ini tidak hanya diberikan untuk minyak goreng kemasan 1 liter, tetapi juga diberikan untuk minyak goreng dalam kemasan 2 liter, 5 liter, dan 25 liter.

Baca Juga :   Warga Diminta Beli Minyak Goreng Sesuai Kebutuhan Saja

“Dalam rapat ini diputuskan bahwa untuk selisih harga minyak goreng akan diberikan dukungan pendanaan dari BPDPKS sebesar Rp7,6 triliun. Adapun, minyak goreng kemasan dengan harga khusus tersebut akan disediakan sebanyak 250 juta liter per bulan selama jangka waktu 6 bulan,” ungkap

Baca Juga :   Setelah Harganya Meroket, Kini Minyak Goreng Langka

Dia memaparkan, pemerintah juga akan terus melakukan monitoring dan evaluasi secara rutin, minimal 1 bulan sekali, terkait dengan implementasi kebijakan ini,” pungkasnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO