Dampak Erupsi Gunung Bawah Laut Tonga Dua Pulau ‘Hilang’

JagatBisnis.com – Dua pulau sempat menghilang akibat erupsi hebat Gunung Hunga Ha’apai, Tonga di Kepulauan Pasifik pada Sabtu (15/1/2022).

Pulau Nuku dan Tsu hilang dari permukaan karena tersapu gelombang tsunami yang terjadi akibat ledakan Gunung Hunga.

“Pulau Nuku dan Tsu sempat hilang dari permukaan laut, disapu tsunami akibat erupsi Gunung Hunga-Tonga,” ungkap Kepala Badan Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Daryono dari laman pribadinya, Minggu (16/1/2022).

Baca Juga :   Pascaerupsi, Tonga Akan Tanpa Internet Selama 1 Bulan

Sebelumnya, gelombang tsunami melanda Tonga, setelah gunung api bawah laut Hunga Tonga – Hunga Ha’apai meletus. Bahkan, gelombang tsunami pun terasa hingga Australia dan Selandia Baru.

Baca Juga :   Akibat Letusan Gunung dan Tsunami, Ibu Kota Tonga Rusak Parah

Selain itu, ledakan gunung bawah laut di Tonga juga terdengar hingga Kepulauan Fiji yang berada 800 kilometer dari sumber ledakan akibat erupsi Gunung Hunga Ha’apai.

Baca Juga :   WNI di Selandia Baru hingga Samoa Waspada Usai Tsunami di Tonga

Negara lain di Kepulauan Pasifik, Vanuatu juga sempat mengeluarkan peringatan tsunami, termasuk di Tasmania dan juga sebagian wilayah Timur Australia. Namun, BMKG memastikan tsunami tidak sampai ke Indonesia.”Tsunami tidak sampai (berdampak) ke Indonesia,” ungkap Daryono.(pia)

MIXADVERT JASAPRO