Viral, Gaji Guru Honorer selama 2 Bulan Bikin Miris

JagatBisnis.com – Baru-baru ini seorang perempuan yang berprofesi sebagai guru honorer viral di media sosial. Hal itu bermula ketika ia membagikan momen ketika dirinya mengambil gaji mengajar selama dua bulan. Videonya ia unggah ulang beberapa akun viral di TikTok.

Dalam video yang diunggah @viralbangett pada Rabu (12/1/2022) memperlihatkan seorang perempuan yang mengaku sebagai guru honorer di sekolah negeri. Perempuan itu curhat mengenai pendapatannya selama dua bulan di sekolah tempat ia mengajar.

“Hari ini mau ke sekolah ngambil gaji 2 bulan. Mau lihat gaji guru honor negeri?,” tulisnya dalam video tersebut.

Baca Juga :   Viral, Video Diduga Prajurit TNI Copot Baliho Rizieq

Miris, perempuan itu rupanya hanya mendapatkan gaji sebesar Rp410 ribu untuk dua bulan mengajar sebagai guru honorer. Artinya, dalam sebulan, ia hanya mendapat gaji sebesar Rp205 ribu.

Dari gaji yang diterimanya, perempuan itu menjelaskan bahwa dirinya hanya mendapat jam mengajar selama 2 hari dalam seminggu sebagai guru honorer di sekolah negeri tersebut.

Baca Juga :   Viral, Surat Berkop Satpol PP Kota Serang Minta THR ke Perusahan Swasta

“Dengan jam kerja 2 hari dalam seminggu,” imbuhnya.

Video itupun viral. Banyak warganet merasa miris dengan gaji perempuan tersebut sebagai guru honorer sekolah negeri. Banyak juga yang menyarankan agar hari-hari yang lebih banyak tidak mengajar agar dimanfaatkan untuk pekerjaan lain.

Baca Juga :   Meme Larangan Mudik Viral, Emang Ada Masalah dengan Orangtua Saya

“Kuli bangunan aja sehari Rp150 ribu loh kok ini murah banget,” tulis @Mnf.

“Jadi guru honor itu pilihan, jadi enggak boleh ngeluh, semangat,” sahut @Mazayadzakiraaftani.

“Dua hari seminggu, sebulan cuma 8 kali? Banyak waktu luang itu mbak, jadiin guru sebagai sampingan aja, yang utama usaha misalnya,” lanjut @Magadir.

“Kapan ya di era siapa yang bisa menyejahterakan guru honor,” timpal @Itsmissa. (pia)

MIXADVERT JASAPRO