Pengakuan Pelaku yang Mencuri Lampu Lalu Lintas

JagatBisnis.com –  Kasat Reskrim Polresta Yogyakarta, Kompol Andhyka Donny Hendrawan membeberkan motif pelaku pencurian lampu lalu lintas di Yogyakarta yang baru-baru ini menghebohkan media sosial. Ia menyebut bahwa pelaku MENC (27) warga Tegalsari, Surabaya itu nekat mencuri set lampu lalu lintas beserta dengan kelengkapannya karena desakan ekonomi.

“Motif ekonomi dan dia coba-coba mencopot peralatan listrik,” kata dalam Jumpa Pers di Polresta Yogyakarta, Kamis (12/1/2022).

Pelaku saat itu melancarkan aksinya dengan modus berpura-pura sebagai petugas Subkon dari Dinas Perhubungan. Andhyka mengatakan bahwa pelaku selama ini melancarkan aksinya di 7 lokasi pada malam hari. Tanpa bantuan, pelaku disebut beraksi hanya seorang diri dan mengangkut alat pengatur lampu lalu lintas dengan bantuan jasa angkut yang disewanya.

Baca Juga :   Rumah Dibobol Maling, Emas 55 Gram, Duit dan Motor Raib

“Setiap beraksi sendiri terus memanggil jasa angkut untuk membantu,” ujarnya.

Baca Juga :   Jadi Bandar Narkoba, Seorang Guru Dibekuk Polisi

Perbuatan tersangka terungkap setelah petugas Dishub melaporkan di wall Facebook ICJ. Petugas dishub tersebut lantas dihubungi oleh pihak jasa angkut sesuai dengan rekaman CCTV yang dibagikan petugas itu. Berdasarkan penyelidikan, pelaku kemudian ditangkap di rumah saudaranya di Bantul.

“Di rumah saudaranya kita datangi kita cek ada beberapa APILL yang masih di lokasi,” katanya.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Agus Winarto menyayangkan adanya tindakan pencurian tersebut. pasalnya keberadaan lampu lalu lintas tersebut sangat vital bagi keselamatan di jalan.

Baca Juga :   Uang Hasil Rampok ATM Dipakai Buat Beli Mobil BMW

“APILL ini maknanya adalah keselamatan. Kalau ini tidak berfungsi maka akan tergangu keselamatan. Kami berkordinasi dengan Polresta dan alhamdullilah berhasil menagkap pelaku. Semoga hal ini tidak terjadi lagi sehingga jaminan keselamatan di jalan terutama di persimpangan dapat ditingkatkan,” katanya.(pia)

MIXADVERT JASAPRO