Ekbis  

Jalin Sinergi, Bea Cukai Optimalkan Pelayanan dan Pengawasan di Sulbar dan Kalteng

JagatBisnis.com – Tingkatkan pengawasan dan pelayanan, Bea Cukai melakukan sinergi dengan berbagai instansi terkait. Kali ini sinergi dilakukan oleh Bea Cukai masing-masing di Sulawesi Barat dan Kalimantan Tengah.

Kasubdit Hubungan Masyarakat dan Penyuluhan Bea Cukai, Hatta Wardhana , menjelaskan bahwa sinergi ini merupakan upaya implementasi Whole of Government, sebagai upaya kolaborasi dari instansi pemerintahan untuk menjadi kesatuan demi mencapai tujuan bersama.

Di Sulbar (04/01), Kepala Kanwil Bea Cukai Sulawesi Bagian Selatan (Sulbagsel), Nugroho Wahyu Widodo, bersama Kepala Bea Cukai Parepare, Nugroho Wigijarto, dan jajarannya, melakukan kunjungan kerja ke Polda Sulawesi Barat, yang disambut langsung oleh Kapolda Sulbar, Irjen Pol Eko Budi Sampurno. Selanjutnya, rombongan berkunjung ke BNNP Sulbar, yang juga disambut langsung oleh Kepala BNNP Sulbar, Brigjen Pol Sumirat.

Baca Juga :   Bea Cukai Pacu Geliat Perekonomian Lewat Ekspor Perdana di Berbagai Daerah

Menanggapi kunjungan tersebut, Hatta mengatakan bahwa selain menyambung tali silaturrahmi, kunker juga menjadi ajang sinergi antar Aparat Penegak Hukum. “Dalam kunjungan juga dibahas beberapa poin penting, seperti sinergi peningkatan daya saing ekspor UMKM, hingga pengawasan terhadap kegiatan perdagangan barang Ilegal, khususnya di wilayah Sulbagsel,” imbuhnya.

Baca Juga :   Dorong Ekspor, Bea Cukai Jalin Sinergi dengan Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan

Bea Cukai Sulbagsel juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kapolda Sulawesi Barat dan Kepala BNNP Sulbar beserta seluruh jajaran, atas sinergi, komunikasi, dan koordinasi. Serta berbagai bentuk kerjasama yang terjalin selama ini bersama Bea Cukai Parepare, yang telah menghasilkan penindakan berbagai macam pelanggaran.

Selanjutnya, Bea Cukai Palangkaraya mengadakan kunjungan kerja ke kantor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Kalteng. di Jl. Yos Sudarso No.16, Palangkaraya, (05/01). Dalam kunjungan tersebut, keduanya membahas terkait pengelolaan keuangan negara, khususnya di wilayah Kalteng, dan sarana dalam berkoordinasi kedepannya.

Baca Juga :   Bea Cukai Dongkrak Penerimaan Negara Lewat Kegiatan Ekspor di Berbagai Daerah

Hatta menambahkan bahwa Bea Cukai siap jalin koordinasi dan sinergi dengan instansi lain. “Tidak hanya di Sulbar dan Kalteng, namun kami siap bekerjasama dengan berbagai pihak di seluruh Indonesia, guna mendorong berbagai kebijakan, baik dalam hal pelayanan atau pengawasan, khususnya di bidang kepabeanan dan cukai,” pungkasnya.(srv)

MIXADVERT JASAPRO