Viral, Begini Cara Pengerasan Jalan di Thailand

JagatBisnis.com – Baru-baru ini video pengerasan jalan di Thailand beredar di media sosial hingga membuat orang terheran-heran. Pasalnya, cara yang diterapkan di Negara Gajah Putih tersebut sangat berbeda dengan negara lain yakni membuang semen ke jalan yang akan diperbaiki.

Cara unik pengerasan jalan itu dibagikan di akun TikTok @susilo_samin_blora1 pada Selasa (4/1/2021). Video berdurasi 2 menit 25 detik itu memperlihatkan pekerja meratakan hingga mengeraskan jalan menggunakan semen.

Peristiwa yang dikabarkan terjadi di Thailand tersebut, pekerja tampak membuang semen di jalan yang akan dibangun. Hal itulah yang membuat para warganet terutama di Tanah Air terkejut dengan cara tersebut.

Dalam video itu, para pekerja terlihat membuang semen satu per satu yang masih terbungkus. Mereka tampak menaruhnya di bagian jalan yang akan dibangun. Mulai dari pinggir kiri kanan hingga tengah-tengah jalan.

Baca Juga :   Heboh, Makan Pecel Lele di Emperan Malioboro Mahal

Dari video itu terlihat alat berat Grader tampak bolak-balik meratakan tanah yang hendak disemen. Bahkan, alat tersebut juga digunakan untuk mencampur semen dengan tanah. Hal itu dilakukan agar jalanan keras dan tidak mudah hancur.

“Teknik pengerasan jalan yang unik di Thailand. Jalan masih berupa tanah dicampur dengan semen. Buldoser diturunkan untuk mengolah semen bercampur dengan tanah,” bunyi tulisan di video tersebut.

Lebih uniknya lagi, jika biasa semen dan pasir diolah dengan mesin, kali ini hal tersebut tidak dilakukan. Para pekerja tampak menuang semen itu hingga tercampur rata dengan tanah. Setelah itu, truk menyiram jalan yang telah dicampur dengan semen dengan cairan khusus.

Baca Juga :   Viral, Pemotor Ini Perlihatkan 'Burungnya' di Rumah Korban

“Cairan khusus yang nantinya disemprotkan ke jalan. Alat buldozer bolak-balik agar semen tercampur rata dengan tanah. Setelah campuran tanah dan semen dicek OK. Cairan khusus baru disemprotkan,” lanjutnya.

Cairan khusus yang disemprotkan dari truk tersebut kemudian diikuti oleh Grader dari belakang. Alat berat ini tampak kembali meratakan jalan yang telah bercampur dengan semen diikuti dengan alat berat lainnya, mulai dari Tandem Roller hingga Pneumatic Tired Roller.

Alat-alat berat tersebut tampak meratakan hingga memuluskan jalan yang telah bercampur dengan semen. Mereka tampak bolak-balik agar jalan yang dibangun menjadi mulus saat dilalui kendaraan.

Hal itulah yang membuat para warganet heran dengan cara pengerasan jalan yang dilakukan di negara tersebut. Terlebih, menurut publik di dunia maya, teknik itu dianggap telah kuno dan tidak lagi diterapkan di zaman modern saat ini.

Baca Juga :   Viral, Bocah Salat Berjemaah di Atas Jok Motor

Terlepas itu, video tersebut sukses mencuri perhatian warganet hingga telah dilihat 5,6 juta kali dan disukai 124.900 pengguna TikTok. Tak dimungkiri, publik mengaku terheran-heran dengan teknik yang dilakukan pekerja di Thailand tersebut saat mengeraskan jalan.

“Di Indonesisa udah enggak lagi, teknik lama hasil pun kurang oke,” tulis @ayammm57.

“Ini bukan tehnik baru, tahun 85 pernah diterapkan di jambi oleh PT Abun Sendi lokasi dari paal V sampai Muara Bulian Jambi, jalan Lintas Sumatera,” sahut @mulyadi_boesri_lugan.

“Di Indonesia enggak zaman seperti itu teknik kuno dan hasilnya kurang memuaskan,” timpal @bang_uying. (pia)

MIXADVERT JASAPRO