5 Khasiat Elderberry untuk Kesehatan

Elderberry

JagatBisnis.com – Kita semua tentu ingin tubuh yang sehat dengan imun yang kuat. Dengan begitu, tubuh tidak mudah terserang virus atau penyakit. Konsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin dan antioksidan dapat menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh.

Elderberry, buah yang terlihat seperti anggur dengan ukuran yang kecil ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Satu cangkir (145 gram) buah elderberry mengandung 106 kalori, 26,7 gram karbohidrat, 52, 2 miligram vitamin C, 0,7 gram lemak, dan 1 gram protein. Tidak hanya itu, buah mungil ini pun sangat kaya antioksidan.

Manfaat Elderberry bagi Tubuh
Sayangnya, tak banyak yang tahu dan tertarik pada elderberry. Padahal, kandungan yang ada di buah ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Apa saja?

Baca Juga :   Pasca Banjir, Waspadai 5 Penyakit yang Rentan Muncul

1. Mengurangi Peradangan
Dua kandungan di dalam elderberry—antosianin dan nitric oxide—dapat memperlambat rasa sakit dan pembengkakan seperti memar, sakit gigi, dan luka bakar.

Menurut seorang ilmuwan-dokter di Rush Medical College, Chicago, ada kandungan bioaktif dalam elderberry, yaitu tanin dan flavonoid—yang merupakan senyawa anti-inflamasi. Kedua kandungan ini juga dapat mencegah kerusakan pada sel tubuh.

Kerusakan sel ini akan menimbulkan masalah baru, yaitu radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh karena dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis. Misalnya, penyakit jantung, Alzheimer, dan kanker.

2. Menyehatkan Sistem Pencernaan
Setiap cangkir elderberry mengandung 10,2 gram serat yang dapat menjaga bakteri baik dalam usus tetap seimbang. Dengan begitu, tubuh dapat terhindar dari berbagai masalah pencernaan seperti sembelit, diare, dan wasir.

Baca Juga :   4 Cara Memperkuat Kesehatan Otak karena COVID-19

3. Meringankan Gejala Flu

Pada tahun 2016, para ilmuwan di Australia meneliti manfaat elderberry untuk kesehatan. Hasilnya, mereka menemukan bahwa elderberry dapat mengurangi risiko terkena flu. Pada tahun 2019, juga ditemukan bahwa elderberry hitam dapat memperlancar saluran napas bagian atas yang dapat membantu meredakan pilek dan flu.

4. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Buah, bunga, dan daun dari elderberry adalah sumber antioksidan yang sangat baik. Bahkan, kandungan antosianin dalam buah ini memiliki kekuatan antioksidan 3,5 kali lipat lebih kuat dari vitamin E.

Baca Juga :   Cara Mudah Menenangkan Pikiran agar Tidak Stres

Dengan kandungan vitamin dan antioksidan yang dibarengi dengan konsumsi makanan yang bergizi, konsumsi elderberry dapat membantu tubuh tetap kuat dan dapat melawan infeksi virus dengan efektif.

5. Menjaga Kesehatan Jantung
Kandungan flavonoid yang dimiliki oleh elderberry dapat memberikan berbagai manfaat, seperti menurunkan kadar kolesterol dan lemak darah, serta mengurangi risiko penyakit jantung pada tubuh seseorang. Penelitian lainnya pun menunjukkan bahwa buah ini dapat menjaga gula darah tetap normal.

Rutin mengonsumsi elderberry dengan jumlah yang cukup dapat memberikan manfaat bagi tubuh. Dampak baik yang diberikan elderberry bagi tubuh, dapat diperoleh dengan dengan cara yang ringkas dan mudah, salah satunya dengan mengonsumsi suplemen harian seperti Amunizer.(pia)

MIXADVERT JASAPRO