Ada 12 Ribu Vaksin Covid-19 di Riau Kedaluwarsa

JagatBisnis.com –  Sebanyak 12 ribu dosis vaksin Covid-19 jenis AstraZanecca dan Moderna, di Riau kedaluwarsa. Temuan vaksin kedaluwarsa itu terjadi bukan karena kelalaian, melainkan karena sistem relokasi serta pendistribusian dari daerah lain yang dilakukan pemerintah pusat ke provinsi Riau. Demikian dikatakan Plt Kepala Dinas Kesehatan Riau Masrul Kasmy, di Riau, Rabu (5/1/2022).

Baca Juga :   Ini Penjelasan Menkes Soal Vaksin Corona Kedaluwarsa Bisa Diperpanjang Izinnya

Menurutnya, vaksin Covid-19 kedaluwarsa itu ada di delapan kabupaten. Di antaranya, Indragiri Hilir, Indragiri Hulu, Rokan Hulu, Rokan Hilir hingga Siak. Vaksin ini berada di fasilitas kesehatan kabupaten setempat (Puskesmas). Vaksin Covid-19 kedaluwarsa itu terjadi sejak 12 Desember dan 31 Desember 2021 lalu.

“Nanti kami akan rapatkan, bagaimana tindakan selanjutnya dan akan dibuat berita acaranya. Karena saat ini stok vaksin masih ada sekitar 1,4 juta dosis lagi yang siap didistribusikan ke masyarakat,” paparnya.

Baca Juga :   BPOM Didesak Buang Vaksin Kedaluwarsa Ganti dengan Vaksin Halal

Masrul menjelaskan, penyimpanan vaksin ada tiga tempat, yaitu instalasi farmasi provinsi, instalasi farmasi kabupaten, dan fasilitas kesehatan seperti puskesmas. Vaksin itu kedaluwarsa karena sistem relokasi yang masa berlakunya ketika datang ke Riau hampir habis.

Baca Juga :   4.226 Vaksin Covid-19 Kedaluwarsa di Gudang Dinkes Maros

“Karena waktu itu, distribusi tidak bisa dilakukan mengingat waktu hampir habis. Sehingga dikhawatirkan berisiko kalau tetap diberikan kepada masyarakat. Misalnya, ada sisa dari daerah lain, karena percepatan akhirnya dibagikan ke Riau,” imbuhnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO