Presiden Mozambik dan Istri Terpapar COVID-19

Presiden Mozambik, Filipe Nyusi.

JagatBisnis.com – Presiden Mozambik, Filipe Nyusi, dan istrinya, Isaura Nyusi, terkonfirmasi positif COVID-19 pada Senin (3/1). Saat ini, keduanya tengah menjalani isolasi.

“Presiden Nyusi dan istrinya melakukan tes rapid dan tidak bergejala, namun memutuskan untuk langsung melakukan isolasi sembari menunggu hasil PCR mereka,” demikian keterangan dari kantor kepresidenan Mozambik, dikutip dari Reuters.

Saat ini, Mozambik tengah menghadapi gelombang COVID-19 dan berada di puncaknya. Rata-rata kasus mingguan berada di angka 2.900 infeksi per hari, menurut data dari Worldometers.info.

Baca Juga :   Pemerintah Buka Alasan Pesan Vaksin Corona Lebih Awal

Pada Senis (3/1), negara di tenggara Afrika ini mencatat 918 kasus baru COVID-19 dan 12 kematian. Kini, total kasus corona negara tetangga Afrika Selatan ini mencapai 192.000 infeksi dan lebih dari 2.000 kematian.

Baca Juga :   Kasus Anak Terpapar COVID-19 Terbanyak di Provinsinya, Ini Reaksi Ganjar

Menurut data per 30 Desember 2021, baru 19,5% dari total populasi Mozambik yang sudah divaksinasi dosis penuh. Sedangkan yang sudah menerima vaksinasi satu dosis baru 27,6%.

Baca Juga :   Ini Persiapan Manajemen Kontingensi untuk Menekan COVID-19

Di hari yang sama, Presiden Botswana Mokgweetsi Masisi juga terinfeksi COVID-19. Botswana, negara tetangga Mozambik, juga tengah dihantam lonjakan kasus COVID-19 yang dipicu varian Omicron.(pia)

MIXADVERT JASAPRO