Jutaan Buruh Terancam Menganggur, Tenaganya Diganti Robot

JagatBisnis.com –   Penggunaan teknologi digital akan ada banyak jenis usaha yang tidak berkembang. Bahkan, ada jutaan buruh terancam jadi pengangguran dan akan digantikan dengan robot (mesin). Salah satunya, industri padat karya.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan proses otomatisasi diperkirakan akan semakin masif dalam beberapa waktu ke depan. Sebab itu, pemerintah terus berkomitmen untuk meningkatkan perlindungan bagi pekerja/buruh di era digitalisasi.

“Perubahan tersebut tentunya tidak hanya terjadi pada jenis pekerjaan, karakter pekerjaan, maupun skill yang dibutuhkan. Namun tantangan ketenagakerjaan di masa depan juga berubah. Oleh karena itu, pemerintah dan seluruh stakeholders ketenagakerjaan harus terus bersiap untuk meningkatkan pelindungan bagi pekerja/buruh,” kata Ida dalam keterangan tertulis, Selasa (4/1/2022).

Baca Juga :   Kembangkan Proyek Chip, Jepang Siapkan 19 Miliar Yen

Mamurut dia, untuk meningkatkan pelindungan tersebut, seluruh stakeholders diingatkan untuk menjadikan aspek Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) sebagai isu penting di tengah dinamika era digitalisasi. Tujuannya agar pekerja memiliki pelindungan yang memadai dari sisi K3. Sehingga terhindar dari risiko kecelakaan kerja.

Baca Juga :   Wow, Pengangguran Bertambah, Capai 2,56 Juta Orang

“Selain itu, dengan adanya perubahan karakter pekerjaan, isu terkait hak-hak pekerja juga harus dikedepankan. Sehingga era digitalisasi yang tujuannya untuk memudahkan, menjadikan segala sesuatu lebih efektif dan efisien, tidak menjadikan para pekerja/buruh tereduksi hak-hak dan kesejahterannya,” pungkasnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO