Ekbis  

Bea Cukai Dorong Gebyar Ekspor Produk Pertanian dari 34 Provinsi

JagatBisnis.com –  Tutup tahun 2021, Bea Cukai berperan aktif dalam mendorong kegiatan Gebyar Ekspor produk pertanian dari 34 provinsi di Indonesia, Kamis (30/12).. Kegiatan ekspor yang diselenggarakan oleh Kementerian Pertanian RI ini, dilakukan ke 124 negara dengan perkiraan volume produk mencapai 1,3 juta ton dengan nilai sebesar Rp 14,4 triliun.

Ekspor ini serentak dilepas oleh Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo dan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.Dengan mengangkat tema “Ekspor Tangguh, Indonesia Tumbuh”, kegiatan ini terpusat di Terminal Peti Kemas Pelabuhan Laut Soekarno-Hatta, Makassar, dan diikuti secara daring dari seluruh Indonesia.

Bea Cukai Sumatera Bagian Timur (Sumbagtim) turut mendorong ekspor produk pertanian dari wilayah Sumatera Selatan. Dalam kegiatan Gebyar Ekspor ini, Provinsi Sumsel kembali mengekspor sejumlah komoditas pertanian dengan total 16,61 ribu ton senilai Rp244,4 miliar ke sejumlah negara. Beberapa komoditas tersebut diantaranya kayu olahan, mintak kelapa sawit, frozen fresh coconut milk, serabut kelapa, palm kernell shell, maggot dan kelapa bulat.

Baca Juga :   Fasilitas Bea Cukai Bantu Pulihnya Negeri dari Pandemi

“Kami siap mendorong peningkatan ekspor dari Sumatera Selatan dengan pelayanan maksimal dan berbagai fasilitas. Karena komoditas pertanian menjadi salah satu produk ekspor andalan untuk meningkatkan kesejahteraan para petani,” ujar Sugeng Apriyanto, Kepala Kanwil Bea Cukai Sumbagtim.

Baca Juga :   Bea Cukai Bersama Kepolisian Gagalkan Peredaran Narkotika Lewat Jasa Titipan

Selanjutnya Bea Cukai Jambi yang diwakili oleh Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi, Enny Efriani, turut hadir dalam kegiatan Gebyar ekspor di Provinsi Jambi yang dilaksanakan di Pelabuhan Sungai Talang Duku. Hadir dalam kesempatan tersebut yaitu Gubernur Provinsi Jambi, Kapolda Jambi, Walikota Jambi, Bupati se-Provinsi Jambi dan Pejabat Pemerintah lainnya.

Terdapat 10 komoditas pertanian yang diekspor dari Jambi, yaitu gambir, karet olahan, kayu karet, kayu olahan, pinang biji, kelapa bulat, kopra, kopi, kulit manis dan cangkang sawit. Ekspor komoditi tersebut menuju ke-12 negara di Asia hingga Eropa dengan volume 86,43 ribu ton dengan nilai ekspornya mencapai Rp.202,6 miliar.

Baca Juga :   Cakap Mengasistensi Impor Vaksin, Bea Cukai Soekarno-Hatta Diapresiasi Menteri BUMN

“Tingginya potensi ekspor produk pertanian dari Wilayah Jambi, mendorong kami untuk selalu memberikan pelayanan dan asistensi kepada para pelaku usaha. Kami harap ke depan ekspor dari Jambi semakin meningkat dan memberikan dampak positif bagi kehidupan petani di Jambi,” pungkas Enny. (srv)

MIXADVERT JASAPRO