Ekbis  

Jalin Sinergi, Bea Cukai Tingkatkan Pengawasan di Momen Nataru

JagatBisnis.com – Tingkatkan pengawasan pada momen natal dan tahun baru (Nataru), Bea Cukai lakukan sinergi dengan berbagai instansi terkait. Kali ini sinergi dilakukan Bea Cukai masing-masing di Makassar dan Surabaya.

Kepala Subdirektorat Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai, Tubagus Firman Hermansjah, mengatakan bahwa sinergi ini adalah upaya dalam meningkatkan pengawasan, seperti upaya penindakan dan pencegahan masuknya barang ilegal, pemberantasan peredaran narkoba, dan tentunya untuk menjawab tantangan khusus terkait pengawasan jelang Natal dan Tahun Baru.

Di Makassar, Kepala Kanwil Bea Cukai Sulawesi Bagian Selatan (Sulbagsel), Nugroho Wahyu Widodo, melakukan kunjungan ke Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan yang baru, Irjen Pol Drs. Nana Sudjana, (22/12). Kunjungan serupa juga dilakukan oleh Bea Cukai Makassar, pada Selasa (28/12).

Baca Juga :   Customs Visit Customers Cara Bea Cukai Jalin Hubungan Baik dengan Para Stakeholders

Selain itu, Nugroho Wahyu dan tim juga melakukan kunjungan kerja ke Markas Komando Daerah Militer (Makodam) XIV/Hasanuddin, Makassar, dan disambut langsung oleh Panglima Kodam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno.

“Tujuan kunjungan Kanwil Bea Cukai Sulbagsel, yaitu untuk mengapresiasi kerja sama yang terjalin selama ini, sekaligus membahas berbagai tantangan yang dihadapi serta upaya bersama yang dapat dimaksimalkan. Terlebih, Kodam XIV/Hasanuddin dan Bea Cukai Sulbagsel memiliki daerah pengawasan yang sama, yaitu Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Tenggara,” jelas Firman.

Baca Juga :   Perkuat Integritas Pegawai, Bea Cukai Teruskan Reformasi Kepabeanan dan Cukai

Sementara di Surabaya, Bea Cukai Tanjung Perak turut hadir dalam acara Penandatanganan Pakta Integritas Insan Maritim di Seluruh Pelabuhan Indonesia yang berlangsung di Graha Barunawati, Surabaya, (28/12).

Selain Bea Cukai, turut hadir dalam acara tersebut, instansi di wilayah Pelabuhan Tanjung Perak, seperti Kepolisian, Kajari Tanjung Perak, Kepala Otoritas Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, instansi yang tergabung dalam Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Asosiasi Kepelabuhan, dan perwakilan pengguna jasa.

Baca Juga :   Bea Cukai Pontianak Hibahkan Barang Eks Kepabeanan Pada Dinas Lingkungan Hidup

“Penandatanganan tersebut bertujuan guna menciptakan pelayanan diseluruh Pelabuhan Indonesia yang profesional, bebas dan bersih dari pungutan liar. Serta menghadirkan pelayanan prima yang melibatkan seluruh stakeholder di lingkungan kerja Pelabuhan,” ujar Firman.

Bea Cukai akan terus berupaya dalam meningkatkan komunikasi, kolaborasi, dan memantapkan konsep sinergi bersama aparat penegak hukum lain. Sinergi ini merupakan wujud komitmen dalam mendorong seluruh elemen untuk saling bahu-membahu dalam menyelesaikan penawasan, terlebih di momen nataru.(srv)

MIXADVERT JASAPRO