Ekbis  

Optimalkan Pelayanan dan Pengawasan, Bea Cukai Jalin Sinergi

JagatBisnis.com –  Optimalkan pelayanan dan pengawasan di berbagai daerah, Bea Cukai jalin sinergi dengan berbagai pihak. Kali ini sinergi dilakukan masing-masing oleh Bea Cukai Soekarno Hatta, Magelang, dan Pasuruan.

Kasubdit Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai, Tubagus Firman Hermansjah, menjelaskan bahwa sinergi secara kontinu perlu dilakukan. “Melalui sinergi kami harap segala bentuk pelayanan dan pengawasan dapat lebih optimal, serta mampu menambah hubungan baik dengan berbagai pihak,” imbuhnya.

Kepala Kantor Bea Cukai Soekarno-Hatta, Finari Manan, bersama Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Menteri Perhubungan, Budi Karya, dan Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, mendatangi Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta untuk meninjau proses pelayanan dan pengawasan atas kedatangan Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN), Jumat (24/12).

Baca Juga :   Bea Cukai Tingkatkan Potensi Pelaku Usaha Dalam Negeri Lewat Asistensi dan Fasilitasi Ekspor

Bandara Internasional Soekarno-Hatta, merupakan bandara tersibuk di Indonesia yang menjadi salah satu pintu gerbang masuknya penumpang dari luar negeri. Dan hal tersebut menjadi atensi langsung pemerintah untuk memastikan bahwa pelayanan dan pengawasan PPLN telah sesuai dengan prosedur karantina yang ditetapkan.

Terkait kegiatan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Firman menjelaskan bahwa penumpang yang telah menjalani pemeriksaan di Imigrasi dan Karantina Kesehatan, akan diarahkan menuju Posko Bea Cukai untuk dilakukan pemeriksaan dan penelitian dokumen atas impor barang bawaannya.

“Untuk menghindari perkumpulan dan penumpukan, Bea Cukai Soetta membagi arus penumpang yang lewat melalui jalur merah dan jalur hijau sesuai dengan manajemen risiko. Terhadap penumpang yang masuk jalur merah, Petugas Bea Cukai akan melakukan pemeriksaan fisik terhadap barangnya terlebih dahulu, sebelum bisa keluar bandara untuk menjalani karantina” jelas Firman.

Baca Juga :   Bea Cukai Jalin Komunikasi dengan Pelaku Usaha Lewat Program CVC

Selanjutnya, Bea Cukai Magelang menerima kunjungan dari Asosiasi Pengusaha Kawasan Berikat (APKB) Cabang Yogyakarta. Kunjungan ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi antara Bea Cukai Magelang dengan pengurus baru APKB Cabang Yogyakarta periode 2021 – 2026 yang telah ditetapkan tanggal Oktober lalu.

Dalam kunjungan tersebut juga dilakukan pembahasan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor 142 Tahun 2021 tentang Pengenaan Bea Masuk Tindakan Pengamanan Terhadap Impor Produk Pakaian dan Aksesori Pakaian yang sedang menjadi hot issue di Kawasan Berikat terutama untuk perusahaan garmen.

Baca Juga :   Fasilitasi Industri Migas dan Panas Bumi, Bea Cukai Topang Ketahanan Energi Nasional

Sementara itu, Bea Cukai Pasuruan mengundang Komandan Kodim 0819/ Pasuruan, Letkol Inf. Nyarman sebagai narasumber kegiatan pembinaan mental (Bintal) pegawai dengan mengusung tema Kebangsaan dan Ketahanan Nasional, Rabu, (22/12). Kegiatan tersebut diselenggarakan secara hybrid yang diikuti oleh seluruh pejabat dan pegawai di lingkungan Kantor Bea Cukai Pasuruan.

“Dengan diselenggarakannya berbagai sinergi ini diharapkan dapat menjadi cambuk bagi kami dalam perbaikan pelayanan dan pengawasan,” pungkas Firman. (srv)

MIXADVERT JASAPRO