Ekbis  

Bea Cukai Kembali Edukasi Masyarakat Terkait Ketentuan di Bidang Cukai

JagatBisnis.com –  Bea Cukai secara aktif memberikan edukasi terkait tugas dan fungsinya kepada masyarakat di berbagai daerah. Pada kesempatan ini, Bea Cukai mendakan sosialisasi di Tasikmalaya, Jakarta, Cilacap, Purwokerto dan Surabaya. Tubagus Firman Hermansjah, Kepala Subdirektorat Komunikasi dan Publikasi, mengungkapkan bahwa kegiatan ini dilakukan agar masyarakat lebih mengenal dan mengetahui tentang ketentuan di bidang kepabeanan dan cukai.

“Pada Sabtu (25/12) kemarin, Bea Cukai Tasikmalaya mengedukasi masyarakat melalui pagelaran seni dan buadaya tradisional bersama Pemda Kabupaten Ciamis. Kegiatan ini merupakan salahs satu pemanfaatan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT), sekaligus untuk meningkatkan kepatuhan masyarakat untuk tidak mengonsumsi barang kena cukai ilegal,” papar Firman.

Pada kesempatan ini pula, Bea Cukai Marunda bersama Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kota Administrasi Jakarta Utara dan Jakarta Barat, untuk memberikan sosialisasi terkait cukai rokok dan optimalisasi DBHCHT. Firman juga menjelaskan bahwa Bea Cukai Cilacap bersama Pemda Karanggayam Kebumen, mengunjungi Kelompok Usaha Petani Tembakau. Kegiatan ini merupakan upaya Bea Cukai untuk meningkatkan potensi produksi tembakau dari Cilacap. Sementara untuk mengedukasi ketentuan cukai di bidang penegakan hukum, Bea Cukai Purwokerto bersinergi dengan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Purbalingga mengadakan sosialisasi Gempur Rokok Ilegal pada acara Festival Ngapak di Obyek Wisata Golaga pada Sabtu (18/12) lalu. Firman memaparkan bahwa pada kegiatan ini, petugas Bea Cukai Purwokerto mengedukasi masyarakat tentang cukai, barang kena cukai, dan ciri-ciri barang kena cukai ilegal menggunakan bahasa khas daerah Purbalingga.

Baca Juga :   Bea Cukai Musnahkan Barang Ilegal Hasil Penindakan di Semarang dan Makassar

Selain itu, Bea Cukai Juanda bekerja sama dengan Universitas Surabaya (UBAYA), juga menggelar kegiatan bertajuk Customs Goes to Campus (CGC) secara daring, dan diikuti oleh pelajar dan mahasiswa di Kota Surabaya, untuk mengenalkan tugas dan fungsi Bea Cukai. “Melalui sosialisasi ini, kami berharap dapat meningkatkan peran masyarakat dalam upaya pemberantasan rokok ilegal yang berada di sekitar wilayah tempat tinggal mereka, dan meningkatkan kepatuhan masyarakat terkait ketentuan di bidang kepabeanan dan cukai,” pungkas Firman.(srv)

MIXADVERT JASAPRO