BSI Luncurkan UMKM Center di Aceh

JagatBisnis.com –   PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) meluncurkan BSI UMKM Center di Provinsi Aceh. UMKM Fenter ini sebagai bentuk dukungan nyata bank syariah terbesar di Indonesia ini dalam mengembangkan usaha rakyat yang merupakan tulang punggung ekonomi nasional.

Direktur Utama BSI Hery Gunardi mengatakan UMKM Center ini merupakan fasilitas dan layanan tersebut akan menjadi wadah bagi pelaku UMKM dalam mendapatkan pelatihan, pembinaan, pembiayaan hingga membantu proses pemasaran produk.

“Kami berharap UMKM Center di Aceh ini dapat memperkuat kehadiran kami. Selain itu juga bermanfaat untuk meningkatkan kelas bagi UMKM di Aceh melalui berbagai program pembinaan. Sehingga pelaku UMKM dapat mengembangkan bisnisnya secara modern, terdigitalisasi bahkan mampu memasuki pasar global,” kata Hery disela-sela peluncuran, di Banda Aceh, Rabu (29/12/2021).

Baca Juga :   Pembiayaan UMKM BSI Tembus Rp40 triliun

Menurutnya, kehadiran UMKM Center di Aceh merupakan bagian dari upayanya untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas pelaku usaha di segmen tersebut. Sehingga terbentuk suatu ekosistem UMKM Indonesia yang unggul dan berkualitas seperti visi besar untuk mendukung pengembangan pelaku UMKM beralasan kuat.

Baca Juga :   BSI Gandeng BPN Tingkatkan Literasi Perubahan Nama Kreditur Setelah Merger

“UMKM menjadi tulang punggung pemulihan ekonomi Indonesia yang terdampak krisis akibat pandemi Covid-19. Bahkan, kontribusi segmen UMKM mencapai 61,07 persen atau senilai Rp8.573,89 triliun. Sehingga segmen UMKM mampu menyerap 97 persen dari total tenaga kerja yang ada, serta dapat menghimpun sampai 60,42 persen dari total investasi di Indonesia,” imbuhnya.

Baca Juga :   BSI dan PLN Kolaborasi Beri Kemudahan Pegawai Miliki Rumah

Dia menambahkan, secara nasional, jumlah pelaku UMKM pun mencapai 99 persen dari total usaha di Indonesia. Sedangkan, di Banda Aceh ada 16.950 unit UMKM. Jika jumlah UMKM yang ada di seluruh Aceh, digabung dengan potensi bantuan pengembangan dan impact-nya untuk kemaslahatan masyarakat Aceh. (eva)

MIXADVERT JASAPRO