Anak Gajah Dumbo di KBS Mati Karena Virus

JagatBisnis.com – Seekor gajah di Kebun Binatang Surabaya (KBS), dikabarkan mati, Jumat (17/12/2021). Gajah bernama Dumbo yang masih berusia tiga tahun itu mati karena terserang elephant herpesvirus. Bahkan, laporan tersebut sudah diaudit oleh BKSD dan hasilnya sesuai standar.

“Kematian satwa gajah itu tidak ada kaitannya dengan pola pemberian makan. Hasil dari laboratorium sudah jelas penyebabnya adalah virus, tidak ada hal-hal yang sifatnya keteledoran. Karena selama ini penanganan kami sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP),” kata Direktur Utama Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) KBS, Khoirul Anwar, Selasa (28/12/2021).

Dia menjelaskan, pihaknya sudah menerapkan seluruh SOP, termasuk dalam penanganan Dumbo. Kematian Dumbo terjadi setelah sakit dan nafsu makan hilang. Pihaknya pun
sudah memberikan terapi pada 14 Desember. Namun, gajah Dumbo sudah terlihat tidak punya nafsu makan dan Keesokan harinya sudah tidak bernyawa.

“Kami merasa kecolongan. Karena selama ini kandang-kandang satwa, terutama gajah, setiap hari dibersihkan. Asupan makanan pun lancar. Jadi ini bukan keteledoran kami. Buktinya, hasil laboratorium, matinya gajah Dumbo karena virus,” ungkapnya.

Menurutnya, tak hanya gajah Dumbo saja. Gajah lain bernama Gonzales juga terindikasi kena virus sehingga dipisahkan dan diisolasi. Kini, kondisi Gonzales sudah membaik dan makin terkendali. Apalagi, kini setiap hari secara online perkembangan seluruh satwa dilaporkan kepada BKSDA dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

“Kematian satwa di KBS tahun 2021 ini tidak hanya pada gajah saja, tapi juga orangutan. Karena sudah lama, jadi tak perlu dibahas lagi tutupnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO