Ekbis  

Jelang Tahun 2022, Bea Cukai Pererat Sinergi dengan Instansi Lain untuk Dorong Ekspor UMKM

JagatBisnis.com – Arahan Presiden terkait usaha pemulihan ekonomi nasional di era pandemi melalui peningkatan ekspor khususnya pada sektor UMKM disikapi serius oleh seluruh elemen negeri. Upaya sinergis dilakukan berbagai instansi untuk mewujudkan peningkatan ekspor dalam mendorong program PEN.

Upaya tersebut dilakuan oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian bekerja sama dengan Kanwil Bea Cukai Sulawesi Bagian Selatan dalam kunjungan kerjanya untuk mendalami geliat ekspor di wilayah Sulawesi Selatan.

Kepala Bidang Peningkatan Ekspor, Agnes Rumondang, mengungkapkan bahwa program yang telah dijalankan Bea Cukai sangat patut diapresiasi. “Saya akui bahwa Bea Cukai sangat sigap dalam melakukan tugas terkait dukungannya memulihkan perekonomian nasional melalui peningkatan kegiatan ekspor,” ujarnya.

Baca Juga :   Berikan Fasilitas Kepabeanan, Bea Cukai Dorong Ekspor Hasil Produksi Dalam Negeri

“Sinergi serta komunikasi seperti ini memang sudah seharusnya sering diadakan, sehingga kendala yang dihadapi dapat terpetakan dan bisa menjadi bahan diskusi serta masukan dalam rapat di level organisasi yang lebih tinggi,” tambahnya.

Upaya meningkatkan potensi UMKM dalam negeri juga dilakukan oleh Bea Cukai Tarakan lewat pemberian informasi terkait tata cara impor dan ekspor. Sementara itu di Bandar Lampung, Bea Cukai Wilayah Sumatera Bagian Barat bekerja sama dengan Sekretariat Forum Ekspor Lampung (FELA) mengadakan pembahasan program kerja dan koordinasi untuk tahun 2022.

Baca Juga :   Bea Cukai Kembali Edukasi Masyarakat Tentang IMEI dan Aturan Kepabeanan Lainnya Lewat Gelaran Sosialisasi

Bambang Hermanto, Kepala Otoritas Jasa Keuangan Lampung mengungkapkan harapannya agar ekspor dari Lampung dapat semakin meningkat tahun depan. sambutannya, Bambang berharap dengan adanya FELA ini, ekspor dari lampung dapat meningkat. “Saya berharap pada program kerja FELA dapat memudahkan para calon eksportir baru agar mudah, serta tidak terdapat replikasi prosedur dan program,” ujar Bambang.

Bea Cukai Sumbagbar diwakili oleh Kepala Seksi Bimbingan Kepatuhan dan Hubungan Masyarakat, Ichlas Maradona. Ichlas menyampaikan bahwa Bea Cukai pada dasarnya siap membantu agar ekspor daerah semakin meningkat. “Kami di Bea Cukai Kanwil Sumbagbar selalu siap membantu upaya-upaya peningkatan ekspor, pemberdayaan UMKM yang berorientasi ekspor serta bekerja sama dengan seluruh stakeholder terkait pemulihan ekonomi khususnya ekspor. Informasikan kepada kami, kami siap membantu.” ujar Ichlas.

Baca Juga :   Bea Cukai Gagalkan Ekspor Ilegal 71.150 Ekor Baby Lobster di Sumatra Selatan

Ke depannya di tahun 2022, Bea Cukai Sumbagbar senantiasa mendukung setiap upaya peningkatan ekspor di daerah. Terlebih dengan adanya FELA, sekat-sekat pembatas yang selama ini menyulitkan para calon ekportir diharapkan bisa berkurang.(srv)

MIXADVERT JASAPRO