Makanan Khas Indonesia Digemari Pasar Timur Tengah

JagatBisnis.com –  Produk UKM makanan khas Indonesia, ternyata banyak diminati pasar Timur Tengah. Lulu Group Internasional pun memberi saran agar produk UKM Indonesia tetap laris manis di pasar Timur Tengah.

“Kami sudah sering memasarkan berbagai produk UKM, kerjasama dengan berbagai kementerian, seperti saat ini dengan Kementerian Perdagangan. Sehingga saat ini perkembangannya, sudah bisa tembus ke pasar Timur Tengah,” kata Direktur Corporate Affair Lulu Group Retail Indonesia, Luthfi Bagis, Sabtu (25/12/2021).

Menurutnya, hingga saat ini produk yang paling diminati adalah makanan, olahan produk sampai hasil perkebunan khas Indonesia. Misalnya berbagai jenis kripik, olahan makanan dijadikan kering, madu, kopi, dan lainnya. Sedangkan, yang masih jadi primadona adalah makanan olah kering seperti kripik.

Baca Juga :   Ekspor Produk UMKM, Sasar Pasar Timur Tengah

“Makanya, meski sudah berhasil masuk ke pasar Timur Tengah, para pelaku UKM tetap memperhatikan kualitas dan kontrol produknya. Penetapan harga pun juga menjadi faktor daya saing produk Indonesia di pasar perdagangan internasional,” ungkapnya.

Baca Juga :   Cuaca Panas Ekstrem di Timur Tengah Ancam Jemaat Haji

Dia menjelaskan, hal tersebut harus benar-benar diperhatikan. Karena ada produk UKM Indonesia pada tahap pertama dan kedua pengiriman ke Timur Tengah sudah baik, namun pada pengiriman selanjutnya kualitas produknya menurun. Sehingga sangat disayangkan, harus diputus kontrak ekspor dan akan susah lagi masuknya.

“Karena disana nanti akan diurus segala perizinan foodnya, kami yang bantu. Jadi ini sekaligus untuk membantu memajukan produk UKM Indonesia di Timur Tengah,” imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Pengembangan Produk Ekspor Kementerian Perdagangan, Miftah Farid menambahkan, saat ini ada 23 UKM yang terlibat dalam pameran kali ini. Sebelum dipamerkan ke Lulu Hypermarket, puluhan produk tersebut sebenarnya sudah berkiprah di ekspor mancanegara.

Baca Juga :   Ekspor Produk UMKM, Sasar Pasar Timur Tengah

“Ini sebenarnya produk pilihan kami, sudah kami pilih, dan memang sudah ekspor ke luar negeri. Namun akan dilebarkan sayapnya lagi ke Timur Tengah. Produknya antara lain rendang siap saji, tempe, teh, kopi, jahe dan asem bubuk, madu,” pungkasnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO