Inisiatif Wujudkan Sekolah Aman di Indonesia

JagatBisnis.com – ChildFund International di Indonesia berinisiatif untuk menjalankan proyek Safe and Secure School Environment for Children (S3EC) bagi sekolah-sekolah dasar di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah dan Kulon Progo, DI Yogyakarta. Inisiatif mewujudkan sekolah aman di Indonesia, telah dilaksanakan dari 2019 hingga 2021.

“Program ini adalah salah satu contoh kolaborasi antara lembaga mitra yaitu PBMM Mitra Anak Sejati (MAS) dengan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Yayasan Sosial Bina Sejahtera (YSBS) Mino Martani dengan Pemerintah Kabupaten Cilacap di Jawa Tengah,” jelas Aloysius Suratin, Sponsorship & Program Director ChildFund International in, Jumat (24/12/2021).

DRR Specialist ChildFund International in Indonesia, Ivan Tagor menyampaikan ada dua kecamatan yang menjadi target. Yaitu Kecamatan Girimulyo, Kulon Progo, DI Yogyakarta dan Kecamatan Kampung Laut, Cilacap, Jawa Tengah. Ini menyusul Dinas Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Jawa Tengah menilai Cilacap merupakan daerah dengan risiko bencana alam tertinggi.

Baca Juga :   Ini yang Harus Dihindari di Rumah Saat Ada Petir

Pada akhir Desember 2021, proyek ini berhasil menorehkan capaian dalam menerapkan 3 pilar sekolah aman, yaitu fasilitas sekolah aman, manajemen bencana di sekolah serta pendidikan pencegahan dan pengurangan risiko bencana.

Baca Juga :   Begini Cara Hindari Konflik dengan Pasangan di Bulan Ramadan

“Tidak hanya renovasi, kami juga melengkapi sekolah dengan sarana yang aman, mulai dari meja, kursi dan lemari,:” ujar Yuni, Program Coordinator YSBS Mino Martani.

Baca Juga :   Menurut Pakar, 5 Trik Ini Bikin Kita Disukai Kucing

Sementara Bupati Kabupaten Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji, diwakili oleh Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Cilacap Wijonardi berharap kegiatan ini dapat memberikan penyebarluasan ide dan informasi kepada para pemangku kepentingan dan sekolah tentang praktik baik yang telah dilaksanakan dalam proyek sekolah aman. (pia)

MIXADVERT JASAPRO