Ganjar Ingat Gus Dur Saat Lihat Gus Yahya

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

JagatBisnis.com – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengingat KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur saat melihat sosok Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya).

Kenangan ini muncul setelah Gus Yahya terpilih menjadi Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) periode 2021-2026.

“Terpilihnya Gus Yahya mengingatkan pada semangat pluralisme yang selalu dibawa Presiden Ke-4 RI KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Apalagi, Gus Yahya juga ingin mengembalikan semangat itu ke PBNU,” katanya.

Baca Juga :   Ganjar Pranowo Imbau Pemudik Tidak Menggunakan Kendaraan Roda Dua

Ganjar menilai pluralisme pada era kepemimpinan Gus Dur terjaga, yakni bagaimana keberpihakan kepada minoritas dan bagaimana gaya yang sangat cair terhadap siapa pun.Menurut dia, hal ini bagian yang akan menjadi kekuatan NU dalam berkontribusi pada pembangunan.

“Tentu saja ini sesuatu yang membikin energi baru buat NU mencoba regenerasi,” ujarnya.

Baca Juga :   Ganjar Buka Call Center Dokter Kejiwaan 24 Jam

Ganjar menyebut Gus Yahya akan melanjutkan tampuk kepemimpinan yang telah terbangun dengan baik oleh KH Said Aqil Siroj.

“Saya haqul yakin NU akan berjalan jauh lebih baik dan Gus Yahya tinggal melanjutkan,” kata Ganjar.

Sebelumnya, Yahya Cholil Staquf terpilih sebagai Ketua Umum PBNU periode 2021-2026.

Baca Juga :   PDIP Bakal Usung Ganjar Pranowo unttuk Hadapi Anies di Pilpres 2024

Keputusan itu berdasarkan hasil Rapat Pleno V Muktamar Ke-34 NU yang memiliki agenda pemilihan Ketum di Lampung, Jumat (24/12) pagi.

Gus Yahya bukan sosok asing untuk NU karena pernah menjabat sebagai Katib Aam PBNU pada 2015-2020, bahkan Presiden Ke-4 RI KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) pernah menunjuknya sebagai juru bicara. (pia)

MIXADVERT JASAPRO