Polda Metro Berlakukan 10 Kawasan CFN Jelang Malam Tahun Baru

JagatBisnis.com – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya memberlakukan malam bebas kerumunan atau Crowd Free Night (CFN) di 10 kawasan di DKI Jakarta pada malam Tahun Baru 2022.

“Khusus untuk pengamanan pada malam Tahun Baru akan dilaksanakan ‘Crowd Free Night’ atau penutupan kawasan di 10 kawasan,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo di Jakarta, Kamis (23/12/2021).

Adapun 10 kawasan tersebut adalah Sudirman-Thamrin, Kemang, Bulungan-Barito, Senopati-Gunawarman-SCBD, Asia Afrika, Kota Tua, Banjir Kanal Timur (BKT), Kemayoran, Kelapa Gading, dan Monas.

“Pelaksanaannya tanggal 31 Desember 2021 malam hari pukul 22.00 WIB sampai dengan tanggal 1 Januari 2022 pukul 04.00 WIB,” ujar Sambodo.

Baca Juga :   Polda Metro Akan Perluas Titik Crowd Free Night

Kemudian terkait pemberlakuan aturan ganjil-genap di kawasan wisata pada 31 Desember 2021, masih menunggu keputusan apakah tempat wisata tersebut beroperasi atau tidak pada malam pergantian tahun.

“Namun, seandainya dibuka maka kami akan melaksanakan ganjil-genap di tempat wisata tersebut,” kata Sambodo.

Polda Metro Jaya bersama Kodam Jaya dan Pemprov DKI Jakarta telah menyiapkan 8.000 personel gabungan untuk Operasi Lilin Jaya 2021 pada 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022.

Ribuan personel tersebut nantinya akan disebar di berbagai lokasi yang menjadi objek keramaian selama perayaan Natal dan Tahun Baru, antara lain gereja, pusat perbelanjaan, tempat rekreasi serta titik keramaian lainnya.

Baca Juga :   Malam Tahun Baru, Warga Papua Barat Dilarang Nyalakan Petasan

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) mengerahkan 44.582 personel untuk melakukan pengamanan di sejumlah gereja dalam rangka Operasi Lilin pengamanan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

“Ada 44.582 polisi akan disebar untuk melakukan pengamanan di gereja-gereja,” kata Asisten Operasi (Asop) Kapolri Irjen Pol Imam Sugianto.

Personel Polri yang disiapkan tersebut disebar ke sejumlah gereja-gereja yang ada di Tanah Air yang melaksanakan Misa Natal dan Misa Tahun Baru.

Baca Juga :   314 Kendaraan Terkena Tilang Saat Operasi Crowd Free Night

“Sebanyak 30.761 personel ditempatkan di gereja Protestan, 13.821 personel di gereja Katolik,” katanya.

Selain mengerahkan personel, Polri juga akan melakukan sterilisasi gereja pada saat sebelum dan sesudah kegiatan ibadah Misa Natal dan Misa Tahun Baru.

Selain mengamankan tempat ibadah umat Nasrani, Polri juga mengerahkan personel untuk mengamankan pusat-pusat keramaian pada saat libur Natal dan Tahun Baru 2022, seperti pusat perbelanjaan dan lokasi wisata.

“Ada 3.956 personel menjaga pusat perbelanjaan, dan 6.397 personel di tempat wisata,” kata Imam. (pia)

MIXADVERT JASAPRO