Ekbis  

Bea Cukai Fasilitasi Ekspor Perdana Cokelat Lokal Asal Aceh ke Jepang

JagatBisnis.com –  Nilai ekspor Indonesia di tahun 2021 catat rekor tertinggi dalam sejarah. Capaian tersebut merupakan bagian dari upaya kolaboratif pemerintah, salah satunya Bea Cukai dalam mendorong dan memfasilitasi kegiatan ekspor di berbagai daerah.

Seiring dengan implementasi program pemulihan ekonomi nasional, kali ini Kantor Bea Cukai Wilayah Aceh dan Kantor Bea Cukai Banda Aceh bekerja sama dalam memfasilitasi ekspor perdana komoditas cokelat khas Aceh.

“Kegiatan ekspor ini dilaksanakan oleh CV Socolatte. Produknya berupa cokelat batangan akan diekspor ke Jepang. Nilai ekspor ini sebesar USD 2.280 atau senilai Rp32,6 juta. Total berat barangnya mencapai 130 Kg dan akan terus bertambah di ekspor berikutnya,” ungkap Safuadi, Kepala Kanwil Bea Cukai Aceh.

Baca Juga :   Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan 50kg Sabu Di Wilayah Sumatera

Safuadi menambahkan bahwa cokelat yang diekspor tersebut merupakan produk dari petani dan bahan baku lokal. “Produk makanan berupa coklat batangan yang dikenal dengan nama Socolatte ini berasal Kabupaten Pidie Jaya yang bahan bakunya berasal dari petani coklat di berbagai wilayah Aceh.”

Baca Juga :   Bea Cukai di Jawa Timur Paparkan Ketentuan Cukai ke Masyarakat Umum Hingga Santri

Kegiatan ini juga merupakan bagian dari perwujudan logan “Legal itu mudah”. Setiap pelaku ekonomi dapat juga mempunyai kesempatan untuk melakukan kegiatan ekspor .Bea Cukai Banda Aceh menaruh harapan bahwa kegiatan ekspor ini diharapkan dapat memotivasi para pengusaha/pelaku ekonomi untuk menjajaki pasar ekspor. Bea Cukai Banda Aceh sebagai trade facilitator dan industrial assistance siap mendukung/membantu para pelaku ekonomi untuk dapat memanfaatkan pasar global. (srv)

MIXADVERT JASAPRO