Ekbis  

Program Klinik Ekspor Jebol Bea Cukai Pangkalpinang Sukses Antar Lada Putih Muntok ke Kanada

JagatBisnis.com – Dalam rangka merevitalisasi ekspor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) daerah untuk mendukung upaya pemulihan ekonomi nasional, Bea Cukai tak henti bersinergi dengan berbagai pihak dan menggelar pelatihan-pelatihan/ asistensi ekspor untuk para pelaku UMKM. Penyelenggaraan asistensi ekspor tersebut diusung melalui program Klinik Ekspor oleh kantor-kantor pelayanan Bea Cukai di berbagai daerah, termasuk Bea Cukai Pangkalpinang dengan program unggulannya, yaitu Klinik Ekspor Jemput Bola (JEBOL).

Kepala Kantor Bea Cukai Pangkalpinang, Yetty Yulianty, pada Rabu (22/12) mengatakan Klinik Ekspor Jebol merupakan inovasi pihaknya dalam melakukan asistensi ekspor dan memberikan pendampingan atas masalah perencanaan dan proses bisnis yang akan dilaksanakan para pelaku usaha, “Tujuannya ialah untuk memberikan solusi terkait dengan proses bisnis sehingga diharapkan eksportir dapat melaksanakan kegiatan ekspor secara maksimal dan tanpa kendala. Kami berharap melalui program ini, Bea Cukai dapat merangkul semua pihak dan instansi terkait untuk dapat bekerja sama dan mendorong peningkatan kapasitas UMKM, khususnya yang berorientasi ekspor di Pulau Bangka.”

Disebutkan Yetty, salah satu keberhasilan program asistensi ekspor ialah terlaksananya ekspor perdana lada putih ke Kanada, “Pada tanggal 1 Desember 2021 lalu, kami melepas ekspor perdana lada putih Muntok milik PT Berkah Lada Petani ke Kanada melalui angkutan udara di Bandara Depati Amir Pangkalpinang.”

Baca Juga :   Bea Cukai Laksanakan Operasi Pasar Sekaligus Sosialisasikan Larangan Peredaran Rokok Ilegal

Kegiatan ekspor ini telah menambah devisa negara, khususnya untuk Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, sekaligus memulihkan perekonomian masyarakat di tengah pendemi Covid-19. Yetty pun menegaskan bahwa Bea Cukai Pangkalpinang akan terus beperan aktif dalam meningkatkan potensi produk daerah.

Baca Juga :   Jaga Indonesia Dari Barang Ilegal, Bea Cukai Parepare Musnahkan Rokok dan Miras Ilegal

“Kami berkomitmen untuk selalu mendukung kegiatan ekspor dan impor yang dapat memicu roda perekonomian, khususnya di Pulau Bangka. Terlebih lagi, seperti yang kita ketahui, sektor pertanian/perkebunan merupakan sektor potensial yang ingin didorong Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk menjadi komoditas unggulan ekspor,” tutupnya.(srv)

MIXADVERT JASAPRO