Pemerintah Kaji Beberapa Jenis Vaksin untuk Booster

JagatBisnis.com – Pemerintah saat ini sedang melakukan kajian terhadap vaksin dosis ketiga atau booster dari beberapa produsen. Di antaranya, Pfizer, Sinovac, AstraZeneca. Vaksin tersebut kini masih dalam proses pengkajian di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan, selain itu pemerintah juga sedang mengkaji penggunaan vaksin hasil pengembangan kerja sama dalam negeri yang masuk dalam program merah putih untuk booster. Di antaranya vaksin kerja sama Unair dan Biotis, Bio Farma dan Bayler Collage, Kalbe Farma-Genexine, kemudian Genio dan Anhui

“Ini akan segera disiapkan regulasi termasuk harga dari masing-masing vaksin tersebut,” tegas Airlangga

Baca Juga :   Anggota DPR Diizinkan Vaksinasi Covid-19 Booster

Dia menjelaskan, karena selain melakukan kajian mengenai jenis vaksin, untuk melaksanakan vaksin ketiga pemerintah juga akan merevisi peraturan presiden (perpres) dan peraturan menteri kesehatan (permenkes) terkait. Keputusan untuk melakukan booster vaksin tersebut diambil karena saat ini varian covid-19 omicron sudah terdeteksi di Indonesia.

Baca Juga :   Besok, Nakes Mulai Vaksinasi Booster Kedua

“Kami berharap vaksin booster dapat menekan penyebaran varian tersebut. Karena sebelumya, varian omicron sudah terdeteksi untuk yang pertama kali masuk Indonesia pada Rabu (15/12) lalu.,” tutupnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO