Ngeri, Rudal Rusia Ini Sekali Tembak Negara Langsung Hilang

JagatBisnis.com – Militer Rusia makin menunjukkan keunggulannya dalam sistem persenjataan perang.

Mulai tahun depan, militer Rusia bakal mengaktifkan sistem rudal balistik antabenua (ICBM) RS-28 Sarmat atau dikenal sebagai misil Setan II.

Senjata super canggih ini diklaim bisa ‘menghapus’ sebuah negara seukuran Inggris dan Wales dalam sekali tembak.

“Mulai tahun 2022, direncanakan untuk memulai penghapusan sistem rudal Voyevoda kelas berat berbasis silo secara bertahap, dan menggantinya dengan Sarmat,” kata Komandan SMF Kolonel Jenderal Sergey Karakayev dalam sebuah wawancara dengan surat kabar Krasnaya Zvezda, yang dilansir TASS.

Baca Juga :   Ngeri, Rusia Punya Senjata Rahasia yang Bikin Buta Sampai Gila

ICBM RS-28 Sarmat akan menggantikan tugas ICBM Voyevoda untuk melayani tugas tempur Pasukan Rudal Strategis Rusia (SMF) tahun depan.

RS-28 Sarmat adalah sistem ICBM berbasis silo berbahan bakar cair. Senjata yang beratnya sekitar 200 ton ini dikembangkan sejak tahun 2000-an untuk menggantikan ICBM R-36M2 Voyevoda (SS-18) atau dikenal sebagai misil Setan I.

Baca Juga :   Ngeri, Rusia Punya Senjata Rahasia yang Bikin Buta Sampai Gila

RS-28 Sarmat diklaim mampu menembus pertahanan rudal yang ada saat ini dan yang akan datang.

Senjata tersebut adalah salah satu dari enam senjata strategis baru Rusia yang diresmikan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin pada 1 Maret 2018.

“Pada tahun depan, kami berencana untuk mengadakan lebih dari 10 peluncuran ICBM, sebagian besar akan menjadi peluncuran uji coba. Jika kita melihat statistik selama lima tahun terakhir, saya pikir akan menjadi jelas seberapa intens dan sulitnya tahun depan,” ujarnya.

Baca Juga :   Ngeri, Rusia Punya Senjata Rahasia yang Bikin Buta Sampai Gila

Menurut Karakayev, sebanyak 25 peluncuran ICBM telah dilakukan dalam lima tahun terakhir. Itu dilakukan terutama sebagai peluncuran uji coba atau untuk mengonfirmasi karakteristik rudal yang saat ini sedang bertugas tempur.(pia)

MIXADVERT JASAPRO