Ekbis  

Dua Kantor Bea Cukai Ini Lampaui Target Penerimaan APBN 2021

JagatBisnis.com – Menjelang akhir tahun, Bea Cukai kembali berhasil lampaui target penerimaan negara, dan melaksanakan press release kinerja Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara tahun 2021. Tubagus Firman Hermansjah mengungkapkan bahwa Kanwil Bea Cukai Sumatera Bagian Timur berhasil melampaui target penerimaan sebesar Rp 1,08 triliun atau sebesar 595,8%.

“Peningkatan penerimaan tersebut karena pada tahun ini aktivitas produksi dan konsumsi masyarakat Sumatera Selatan meningkat, serta permintaan barang Crude Palm Oil beserta turunannya mengalami kenaikan harga di pasar internasional. Hal ini juga dipengaruhi oleh asistensi klinik ekspor terkait mekanisme konsolidasi untuk mendorong ekspor pelaku UMKM,” papar Firman.

Sementara per tanggal 16 Desember 2021, Bea Cukai Tanjung Emas berhasil melampaui target penerimaan sebesar 100,36%, yang berasal dari bea masuk sebesar Rp 1,387 triliun, bea keluar sebesar Rp 96 milyar, dan Pajak Dalam Rangka Impor (PDRI) sebesar Rp 8,1 triliun. “Hal ini merupakan sebuah pencapaian, karena Bea Cukai harus bisa menjalankan tugas sebagai revenue collector, industrial assistance, dan trade fasilitator secara bersamaan. Sebagai komitmen untuk mendukung industri dalam negeri agar bertahan menghadapi krisis ekonomi akibat pandemi,” ungkap Firman.

Baca Juga :   Lewat Operasi Laut Terpadu, Bea Cukai Ringkus Berbagai Komoditi Barang Ilegal

Harapan selanjutnya, pada tahun mendatang Bea Cukai dapat terus berkontribusi secara aktif dalam pemulihan ekonomi nasional melalui berbagai inovasi dan regulasi, serta mendorong percepatan National Logistic Ecosystem melalui berbagai kolaborasi dari sistem pelayanan dan penyelarasan tata ruang di semua pelabuhan.(srv)

MIXADVERT JASAPRO