Wilayah Pesisir DKI Jakarta Waspada Banjir Rob

JagatBisnis.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jakarta (BPBD) DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini untuk sejumlah wilayah di pesisir ibu kota yang berpotensi terkena banjir rob. Peringatan resmi diberikan untuk empat hari ke depan, mulai dari 18-22 Desember 2021.

“Terdapat aktivitas peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum dikarenakan fase bulan purnama,” demikian keterangan BPBD DKI Jakarta seperti dikutip dari akun Instagram resmi, Sabtu (18/12/2021).

Selain itu, BPBD DKI Jakarta juga mengeluarkan peringatan terkait potensi cuaca signifikan seperti curah hujan tinggi, angin kencang, dan gelombang tinggi juga menjadi faktor lain yang dapat meningkatkan potensi banjir. Potensi banjir pesisir atau yang lebih dikenal dengan banjir rob ini juga dipengaruhi dengan tren penurunan muka air tanah di wilayah-wilayah tersebut.

Baca Juga :   Warga Jakarta Diminta tak Panik Hadapi Omicron

“Wilayah-wilayah yang dinyatakan berstatus waspada antara lain wilayah Pademangan, Penjaringan, Pelabuhan Sunda Kelapa, dan Kepulauan Seribu,” ungkapnya.

Baca Juga :   Pesisir Jakarta Waspada Banjir Hingga 19 Mei 2022

Peringatan dini ini berdasarkan Surat BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Klas 1 Tj. Priok Jakarta Nomor ME.01.02/PDR/17/KTJP/XII/2021 tentang Peringatan Dini Banjir Pesisir atau Rob Wilayah Pesisir Utara Jakarta tanggal 17 Desember 2021. Selain wilayah pesisir utara Jakarta, tercatat semua wilayah pesisir lain di Indonesia yang juga berpotensi mengalami banjir rob pada 18 hingga 22 Desember. (eva)

MIXADVERT JASAPRO