Januari 2022, Lomba Balap Liar Siap Digelar

JagatBisnis.com – Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mengaku perlombaan resmi bagi para pembalap liar yang diinisiasi mereka akan digelar tahun 2022 mendatang.

Hal itu dikatakan Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo Yogo. “Rencana lomba akan digelar Januari 2022,” ujar dia di Markas Polda Metro Jaya, Jumat 17 Desember 2021.

Persiapan terus digodok dalam mempersiapkan lomba balap liar ini. Wacananya perlombaan balap liar ini akan jadi kegiatan resmi rutin. Rencananya perlombaan itu akan digelar tiap tiga bulan sekali. Namun, sebelum digelar pada Rabu 22 Desember 2021 mendatang pihaknya akan menggelar Forum Group Discussion (FGD) bersama komunitas pembalap liar.

Baca Juga :   Warga Pemukiman Elite di Depok Resah karena Adanya Balap Liar

“Jadi rencananya ini akan berkelanjutan, mungkin racenya pertiga bulan sekali. Tapi nanti di akhir tahun, race keempat itu adalah final dari para juara-juara,” katanya.

“Kami akan undang berbagai komunitas balapan liar yang suka ada di media sosial. Kami juga undang teman-teman mekanik, publik figur yang berkecimpung di dunia otomotif, Ikatan Motor Indonesia (IMI), dan Pemprov DKI Jakarta,” ucap dia.

Baca Juga :   Dampak PPKM Darurat, Balap Liar Makin Sangar

Nantinya, Kepala Subdirektorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi Argo Wiyono akan merinci balapan liar dari sudut pandang aturan hukumnya.

IMI,akan membeberkan aturan dalam balapan sepeda motor. Nantinya, akan ditentukak juga balapan resmi ini akan memakai konsep road race atau drag race.

“Dari situ batu kaim putuskan sirkuit yang tepat seperti apa. Karena sirkuit untuk drag race tentu berbeda dengan road race. Jadi sepakati dulu maunya apa,” kata Sambodo.

Sebelumnya diberitakan, Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Fadil Imran berencana merangkul para pemuda yang sering melakukan balap liar khususnya di wilayah Jadetabek dengan membuat kegiatan balapan resmi.

Baca Juga :   Sering Dipakai Balap Liar, Sepeda Motor Bodong Ini Dibakar Polisi

Hal itu disampaikan Irjen Fadil saat bertemu dengan pembalap binaan Astra Honda Racing Team, Mario Suryo Aji yang jadi wakil Indonesia di kejuaraan dunia balap motor kelas Moto3 musim 2022.

“Saya mau buat, rencana saya, doakan saya mudah-mudahan (terealisasi). Saya akan membuat balapan untuk para balap liar,” ujar dia di Markas Polda Metro Jaya, Selasa 30 November. (pia)

 

MIXADVERT JASAPRO