Masyarakat Diminta Jangan Liburan ke Luar Negeri

JagatBisnis.com –  Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mulai mengambil langkah waspada atas masuknya varian Omicron masuk di Indonesia. Menkes larang masyarakat liburan ke luar negeri. Terutama selama rangkaian perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

“Tolong liburan ini isi waktunya di dalam negeri. Tidak perlu ke luar negeri,” kata Menkes Budi Gunadi, saat konferensi pers, di Jakarta, Kamis (16/12/2021).

Menkes Larang Masyarakat Liburan untuk Antisipasi Penyebaran Varian Omicron
Menkes larang masyarakat liburan ke luar negeri menjadi langkah tepat. Terutama mengantisipasi importasi varian baru COVID-19 Omicron. Budi memastikan Indonesia jauh lebih aman daripada banyak negara lain di luar.

Budi mengajak masyarakat secara bersama peduli terhadap keselamatan keluarga, tetangga dan seluruh rakyat Indonesia dengan mengurangi perjalanan ke luar negeri selama tidak ada kebutuhan yang mendesak.

Baca Juga :   Menko Luhut: Jaga Ekonomi Jangan Sampai Dirusak Omicron

Perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 dalam negeri perlu diiringi sikap patuh pada protokol kesehatan. Kemudian survailens vaksinasi lebih cepat dan tidak bepergian ke luar negeri, sebagai bentuk pencegahan.

Menkes Ingatkan Karantina Setelah Bepergian
Budi mengatakan masuknya varian baru COVID-19 dari luar negeri di karantina Wisma Atlet, Jakarta Pusat menandakan sistem pertahanan Indonesia berjalan cukup baik. Terutama terhadap importasi mutasi kasus varian baru COVID-19.

“Jadi wajarlah, kalau harus tinggal sepuluh hari di karantina. Karena bukan untuk mempersulit orang yang datang, tapi untuk melindungi 270 juta rakyat kita,” ungkap Budi.

Baca Juga :   Perayaan Tahun Baru 2022 Dilarang

Omicron Masuk ke Indonesia Dari Luar Negeri
Seorang petugas kebersihan di Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) berinisial N dilaporkan positif terjangkit COVID-19 jenis Omicron berdasarkan laporan pemeriksaan genom sekuensing pada 15 Desember 2021.

Kemenkes telah mendeteksi lima kasus probable Omicron yang melibatkan pelaku perjalanan internasional dari warga negara Indonesia serta asing.

Dua kasus dialami WNI yang baru kembali dari luar negeri beberapa waktu lalu. Yakni, dari Amerika Serikat dan Inggris. Kedua warga negara Indonesia itu sedang menjalani isolasi di Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat. Tiga kasus probable lainnya WNA asal China. Ketiga warga negara asing itu berkunjung ke Manado, Sulawesi Utara. Mereka sekarang sedang menjalani proses karantina di Manado.

Baca Juga :   Adanya Pasien yang Positif, RS di Surabaya Siaga Lonjakan Kasus Omicron

Omicron adalah Varian Terbaru Virus Corona
Omicron adalah varian terbaru dari virus corona penyebab COVID-19. Ini sudah diumumkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia beberapa waktu lalu.

Varian Omicron masuk ke dalam kategori variant of concern (VoC), tanpa melalui kategori variant of interest (VoI). VoC merupakan kategori tertinggi untuk varian virus COVID-19 terkait penularan, gejala penyakit, risiko infeksi ulang, dan efek vaksin. Sebelumnya, varian virus yang masuk dalam kategori ini adalah Alpha, Beta, Gamma dan Delta karena penyebarannya yang cepat.(pia)

MIXADVERT JASAPRO