Ekbis  

Bea Cukai Optimalkan Fungsi Pengawasan dan Pelayanan dengan Bersinergi

JagatBisnis.com – Bea Cukai senantiasa giat melakukan penguatan pelaksanaan tugas dan fungsinya secara berkelanjutan dan masif. Dalam mendukung kelancaran pelaksanaan tugas, Bea Cukai mengedepankan sinergi dan kolaborasi dengan instansi lain.

Berada di jalur ALKI II menjadikan perairan Kalimantan Timur sebagai perairan yang strategis sekaligus rawan terhadap pelanggaran perbatasan dan kedaulatan serta pelanggaran peraturan perundang-undangan. Oleh karena itu Kanwil Bea Cukai Kalbagtim bersama Lanal Balikpapan, Polairud Polda Kaltim meningkatkan koordinasi dan sinergi dalam bingkai operasi patroli laut terkoordinasi akhir tahun 2021 pada bulan Oktober silam.

Dalam apel gelar pasukan yang digelar pada Kamis (16/11) sebagai lanjutan dari operasi patroli laut terkoordinasi yang telah diselenggarakan sebelumnya di Perairan Kalimantan Utara pada Oktober lalu, Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan Kanwil Bea Cukai Kalbagtim, Zaeni Rokhman mengungkapkan bahwa operasi patroli laut terkoordinasi ini dilaksanakan untuk mengirimkan sinyal tegas yang sama kepada para pelaku atau calon pelaku pelanggaran di Perairan Kalimantan Timur bahwa setiap upaya pelanggaran perbatasan, pelanggaran kedaulatan dan peraturan perundang-undangan akan berhadapan dengan sinergi dari aparat penegak hukum di laut.

Baca Juga :   Dukung Pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah Kota Palembang, Bea Cukai Berikan Pembebasan Bea Masuk

“Melalui berbagai upaya proteksi pengawasan yang terkoordinasi, diharapkan dapat terwujud tujuan mulia bersama untuk menjaga perbatasan dan kedaulatan negara, serta mendukung pemulihan ekonomi nasional,” tambah Zaeni.

Baca Juga :   Pulihkan Ekonomi, Bea Cukai Dukung Eksportir Baru dari Berbagai Daerah

Sementara itu di wilayah Sumatera Utara, sebagai bentuk sinergi dan apresiasi terhadap pelayanan bersih, Badan Peneliti Independen Kekayaan Penyelenggara Negara dan Pengawas Anggaran Republik Indonesia (BPI KPNPA RI) memberikan piagam penghargaan kepada Kanwil Bea Cukai Sumatera Utara yang berhasil memberikan pelayanan bersih tanpa pungutan liar.

Baca Juga :   Bea Cukai dan BNN Musnahkan Ratusan Kilogram Narkotika Jenis Sabu, Ganja, dan Tembakau Gorila

Penghargaan ini diberikan oleh BPI KPNPA RI dari hasil penelitian selama tiga bulan, mulai dari survei kepada pengguna jasa, sampai kantor vertikal di lingkungan Kanwil Bea Cukai Sumatera Utara. “Sudah menjadi tanggung jawab kami untuk memberikan pelayanan tanpa gratifikasi. Kami sangat mengapresiasi penghargaan yang dipercayakan BPI KNPA RI kepada kami dan berkomitmen akan terus meningkatkan kinerja kedepannya,” pungkas Parjiya, Kepala Kanwil Bea Cukai Sumatrera Utara.(srv)

MIXADVERT JASAPRO