Erupsi Gunung Semeru Kembali Terjadi, Lahar Besar Berguguran

JagatBisnis.com – Guguran lahar besar terjadi di Gunung Semeru. Peristiwa erupsi itu terjadi lagi pada pukul 09.01 WIB, Kamis (16/12/2021).

“Informasi dari lapangan ada terjadi guguran lahar besar,” ujar Kepala Stasiun Geofisika BMKG Tretes, Kabupaten Pasuruan, Djati Cipto Kuncoro hari ini.

Djati menjelaskan cuaca di lokasi cerah berawan sehingga peristiwa terjadi guguran lahar besar di Gunung Semeru tersebut tidak tampak.

Baca Juga :   Terjebak Erupsi Semeru di Masjid, Warga Desa Curah Kobokan Butuh Pertolongan

“Sementara dari Posko tempat saya live masih jauh kurang lebih 30 menit, tapi kondisi cuaca berawan menutupi puncak gunung sehingga dari kejauhan tidak tampak,” pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Presiden Ma’ruf Amin meninjau pos pengungsian akibat erupsi Gunung Semeru pada hari ini.

Wapres dan rombongan terbatas lepas landas pukul 07.30 WIB, dengan menggunakan Pesawat Khusus Kepresidenan Boeing 737-400 TNI Angkatan Udara dari Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta menuju Bandara Internasional Juanda Surabaya.

Baca Juga :   16 Korban Luka Bakar akibat Erupsi Semeru Masih Dirawat, 6 Diantaranya Kritis

Wapres kemudian melanjutkan penerbangan ke Kabupaten Lumajang dengan menggunakan Helikopter Super Puma VVIP dengan didampingi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Pos pertama yang akan dikunjungi Wapres ialah di Desa Penanggol, Kecamatan Candipuro. Di pos tersebut terdapat tenda-tenda darurat yang didirikan Kementerian Sosial, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPD), Palang Merah Indonesia (PMI), TNI, Polri, Bank Syariah Indonesia (BSI) dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

Baca Juga :   BNPB Kirim Bantuan Logistik ke Lokasi Erupsi Gunung Semeru

Wapres juga melakukan shalat gaib untuk mendoakan para arwah korban erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur.(pia)

MIXADVERT JASAPRO