Deteksi Dini pada Anak Sangat Penting untuk Mengetahui Penyakit Jantung Bawaan

JagatBisnis.com – Penyakit Jantung Bawaan pada anak perlu adanya diteksi dini ketika baru lahir. Menurut Data dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Kesehatan (CDC) bahkan menyebutkan 1 dari 100 bayi baru lahir di dunia mengalami Penyakit Jantung Bawaan pada anak (PJB). Data dari Kementerian Kesehatan menunjukkan, sekitar 80 persen dari bayi baru lahir yang meninggal 6 hari pertama setelah kelahirannya ternyata diakibatkan oleh kelainan kongenital.

Angka ini menyumbang angka kematian bayi sekitar 7 persen. Di antara kelainan kongenital itu yakni PJB.

Karena hal tersebut, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyadari pentingnya pelatihan atau pembelajaran skrining PJB untuk para tenaga kesehatan dokter, bidan, dan perawat.

Baca Juga :   19,47 Juta Orang Indonesia Berjuang Lawan Diabetes

IDAI meluncurkan program Inpost (Indonesian Newborn Pulse Oxymetry Screening Training) yakni pelatihan skrining penyakit jantung bawaan (PJB).

Tak hanya itu, IDAI juga menghadirkan Ponsel (Pulse Oximetry Newborn Screening E-learning) yaitu pembelajaran skrining PJB kritis selama satu bulan untuk tenaga kesehatan.

Kedua program ini bertujuan untuk membantu menurunkan angka kematian bayi dan anak sehingga kualitas hidup anak yang baik bisa tercapai.

Baca Juga :   Jika Diabetes Memengaruhi Kaki Anda Lakukan 3 Tahap Ini

“Kami di IDAI berharap dengan program pelatihan yang akan diadakan oleh IDAI dan kementerian Kesehatan akan bisa membantu para tenaga kesehatan yang menangani kelahiran dan anak untuk melakukan deteksi dini terhadap Penyakit Jantung Bawaan,” ujar Ketua Umum Ikatan Dokter Anak Indonesia, dr Piprim Basarah Yanuarso, SpA(K) dalam siaran persnya, ditulis di Jakarta, Rabu, (15/12/2021).

IDAI komitmen turunkan kasus penyakit Jantung Bawaan pada Anak
Piprim mengatakan, garda terdepan yang bisa melakukan pertolongan kesehatan pada anak ini yakni para bidan, dokter umum, atau dokter anak yang menolong persalinan atau Sectio (Cesar).

Baca Juga :   Jahe dan Jinten Obat untuk Covid-19 Ada di Al Quran

“IDAI berkomitmen untuk membantu menurunkan angka kematian bayi dan anak karena anak adalah masa depan bangsa,” tambahnya.

IDAI berharap dengan sosialisasi deteksi dini PJB dan peluncuran program pelatihan Inpost dan Ponsel ini dapat membantu menurunkan angka kematian bayi dan anak dan berbagai pihak terkait dapat melakukan upaya preventif dan promotif terhadap masalah PJB dan PJB kritis untuk meningkatkan kualitas hidup bayi dan anak Indonesia.(pia)

MIXADVERT JASAPRO