Ekbis  

Optimalkan Pelayanan dan Pengawasan Hingga Dukung Pendidikan, Bea Cukai Andalkan Sinergi dengan Eksternal

JagatBisnis.com –  Bea Cukai secara kontinu terus memperkuat sinergi dengan pihak eksternal untuk mengoptimalkan kinerja masing-masing pihak. Selain bersinergi di bidang pelayanan dan pengawasan, Bea Cukai juga turut mendukung pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa pada koridor kepabeanan dan cukai.

Pada Selasa (07/12), Bea Cukai Makassar bekerja sama dengan Institut Bisnis dan Keuangan (IBK) Nitro Makassar meresmikan ruang kuliah tematik Bea Cukai. Kepala Kantor Bea Cukai Makassar, Andhi Pramono mengatakan bahwa keberadaan ruang kuliah tematik Bea Cukai ini dapat menambah nilai strategis kerja sama yang akan dibangun. “Saya menginginkan agar seluruh komponen keluarga besar IBK Nitro turut andil dalam kerja sama di beberapa kegiatan belajar bersama serta bentuk implementasi model lain yang saling menguntungkan terutama sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas lulusan,” ujar Andhi.

Pada kesempatan yang sama, Rektor IBK Nitro Makassar Dr. Moh. Hatta Alwi Hamu menjelaskan bahwa IBK Nitro memiliki program studi Perdangan International. Dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas dan dapat bersaing pada pasar kerja, IBK Nitro telah melakukan berbagai perancangan mata kuliah termasuk hubungan internasional dalam kaitannya belajar kepabeanan dan cukai secara intens ke depannya. “Kerja sama dengan Bea Cukai Makassar ini sebagai bentuk penguatan dan pendukung pada program studi internasional yang ada di IBK Nitro, sehingga para alumni nantinya diharapkan dapat menjadi eksportir dan importir yang handal,” tambahnya.

Baca Juga :   Bea Cukai Pasar Baru Musnahkan Barang Hasil Penindakan Eks Kepabeanan

Selanjutnya Andhi menyatakan bahwa selain ruang kuliah tematik, Bea Cukai Makassar kedepannya siap menyediakan tempat untuk pengembangan mahasiswa, baik magang atau penelitian, yang bisa memberikan manfaat bagi kedua belah pihak.” Kami membutuhkan peran mahasiswa untuk memberikan insight baru, fresh thought dan masukan secara akademik,” pungkasnya.

Baca Juga :   Bangun Intimasi dan Beri Asistensi, Bea Cukai Kunjungi Berbagai Perusahaan

Sementara itu di Purwakarta, Bea Cukai berupaya meningkatkan pelayanan dengan melakukan koordinasi optimalisasi layanan kepabeanan di Pelabuhan Patimban. Koordinasi tersebut melibatkan Tim Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bapennas) serta tim dari Bea Cukai Kantor Pusat.

Di sisi lain, sebagai wujud sinergi antar instansi dan transparansi capaian kinerja, Bea Cukai Marunda lakukan serah terima Barang Hasil Penindakan (BHP) berupa 21 karton kuda laut kering (sea horse) dan 46 karton ikan kering (dried fish) kepada Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Jakarta II pada Kamis (09/12).

Baca Juga :   Ini Sepak Terjang Bea Cukai Bogor Gagalkan Pengiriman Narkotika

Dengan total perkiraan nilai sebesar Rp242.000.000, acara serah terima dilaksanakan di Aula Lt. 4 Bea Cukai Marunda dan dihadiri oleh Muhtadi selaku Kepala Kantor Bea Cukai Marunda dan Nandang Koswara selaku kepala Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Jakarta II dan jajarannya. “Barang ini merupakan barang hasil penindakan terhadap dugaan pelanggaran ketentuan Undang-undang Kepabeanan yaitu tidak memberitahukan barang yang dilarang dan/ atau dibatasi untuk diekspor serta memerlukan izin dari instansi teknis terkait, kemudian atas barang tersebut diserahkan kepada Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Jakarta II untuk ditindaklanjuti sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ungkap Muhtadi.(srv)

MIXADVERT JASAPRO