BMKG Cabut Peringatan Dini Tsunami di NTT

JagatBisnis.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencabut peringatan waspada tsunami untuk sejumlah wilayah di Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Selasa 14 Desember 2021.

Sebelumnya, peringatan dini tsunami ini dikeluarkan BMKG menyusul gempa bumi dengan magnitudo 7,4 mengguncang Larantuka, NTT pada Selasa.

Menurut Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, berakhirnya peringatan tsunami NTT ini berdasarkan pemantauan alat ukur muka laut Badan Geospasial di Stasiun Reo dan Stasiun Marapokot NTT hingga pukul 13.20 Wita, atau dua jam setelah kejadian gempa bumi (pukul 11.20 Wita).

Baca Juga :   Lima Alat Pendeteksi Tsunami yang Terpasang di Laut Selatan Cianjur Rusak

“Sudah lebih dari 2 jam dari kejadian tidak terdeteksi kenaikan muka air laut lagi, maka peringatan dini tsunami dinyatakan telah berakhir,” kata Dwikorita saat jumpa pers virtual, Selasa, 14 Desember 2021.

Selanjutnya, BMKG mengimbau kepada kepala daerah untuk menyampaikan informasi ini kepada masyarakat bahwa peringatan tsunami NTT sudah berakhir.

“Artinya sudah bisa kembali ke tempat masing-masing,” tegasnya. Sebelumnya gempa magnitudo 7,4 terjadi di Laur Flores dengan kedalaman 10 kilometer pada Selasa, pukul 10.20 WIB.

Baca Juga :   Bangkai Ikan Paus 12 Meter Terdampar di Pantai Sulamu NTT

Lokasi gempa adalah 112 kilometer barat laut Larantuka, Kabupaten Flores Timur, NTT. BMKG telah mengeluarkan status siaga tsunami untuk wilayah Pulau Ende, Flores Timur bagian utara, Pulau Sikka, Sikka bagian utara, Ende bagian utara, Pulau Lembata, Pulau Adonara, Manggarai bagian utara, Ngada bagian utara, dan Alor bagian utara di NTT. Status siaga juga berlaku Buton dan Bombana di Sulawesi Tenggara.

Baca Juga :   Cilegon Berpotensi Tsunami Setinggi 8 Meter

Sementara status waspada berlaku untuk Manggarai barat di NTB, Wakatobi di Sulawesi Tenggara, Bima dan Dompu bagian utara di Nusa Tenggara Barat dan Pulau Wetar di Maluku.

Gempa susulan juga terjadi dengan kekuatan magnitudo 5,5 dengan titik 129 kilometer barat laut Maumere pada pukul 10.47 WIB dengan BMKG memastikan gempa susulan itu tidak berpotensi tsunami. (pia)

 

MIXADVERT JASAPRO