Ini Penyebab Penjualan Mobil di China Terjun Bebas

JagatBisnis.com –  Pada November 2021, penjualan mobil China turun 9,1 persen ketimbang periode sama tahun sebelumnya. Seperti data Asosiasi Produsen Otomotif China (CAAM), dikutip dari Reuters, Sabtu (11/12/2021).

Data industri tersebut menandai penurunan bulanan ketujuh berturut-turut, karena kekurangan chip semikonduktor global yang berkepanjangan mengganggu produksi.

Penjualan keseluruhan di pasar mobil terbesar dunia mencapai 2,52 juta kendaraan pada November, menurut data dari CAAM. Penjualan kendaraan energi baru, yang meliputi kendaraan listrik bertenaga baterai (EV), mobil hibrida plug-in (PHEV) dan kendaraan sel bahan bakar hidrogen, mempertahankan momentum yang kuat, tumbuh 121 persen menjadi 450 ribu unit pada November didukung oleh upaya pemerintah untuk mengurangi polusi.

Baca Juga :   Ternyata, Negara Berhutang Rp245 Miliar dari China

“Penerimaan konsumen terhadap kendaraan energi baru terus meningkat,” kata juru bicara CAAM Chen Shihua. “Pasar telah bergeser dari didorong oleh kebijakan menjadi didorong oleh permintaan,” imbuhnya.

Baca Juga :   Pemotor Terjepit di Roda Bikin Heboh

Pembuat kendaraan listrik AS Tesla Inc menjual 52.859 kendaraan buatan China pada November, termasuk 21.127 untuk ekspor, kata Asosiasi Mobil Penumpang China (CPCA).

Pembuat EV China Nio Inc menjual 10.878 mobil bulan lalu dan Xpeng Inc mengirimkan 15.613 kendaraan. Volkswagen AG mengatakan telah menjual lebih dari 14 ribu EV seri ID di China pada bulan November.

Baca Juga :   Kasus COVID-19 Varian Omicron, Maskapai China Hentikan Penerbangan dari 37 Negara

Secara keseluruhan penjualan November mengalahkan ekspektasi CAAM, kata Chen, menunjuk pada dampak penurunan harga bahan baku dan berkurangnya kekurangan listrik yang telah menghentikan produksi di banyak pabrik di bulan-bulan sebelumnya.

Dia mengatakan kekurangan semikonduktor akan terus menekan industri otomotif pada bulan Desember, meskipun permintaan mobil akan stabil karena ekonomi membaik.(pia)

MIXADVERT JASAPRO