Ekbis  

Bea Cukai Sita Puluhan Ribu Batang Rokok Ilegal dari Operasi Pasar di Pekanbaru dan Bandung

JagatBisnis.com –  Pelaksanaan operasi pasar dalam rangka memberantas peredaran rokok ilegal Kembali digelar Bea Cukai di dua lokasi berbeda. Kali ini, pelaksanaan operasi pasar dilancarkan oleh Bea Cukai Pekanbaru dan Bea Cukai Bandung.

Kasubdit Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai, Tubagus Firman Hermansjah mengungkapkan bahwa kegiatan operasi pasar yang rutin dilaksanakan Bea Cukai merupakan bagian dari pemanfaatan dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT).

“Salah satu komponen alokasi DBHCHT adalah untuk peningkatan pengawasan di bidang cukai, salah satunya lewat kegiatan operasi pasar yang dilaksanakan dengan menggandeng aparat penegak hukum dan pemerintah daerah,” ungkap Firman.

Baca Juga :   Bea Cukai Gagalkan Peredaran Jutaan Batang Rokok Ilegal di Tegal dan Sidoarjo

Kegiatan operasi pasar yang dilaksanakan di Pekanbaru ditujukan dengan melakukan pengawasan di Kabupaten Siak. Melalui operasi pasar kali ini, tim operasi pasar mendatangi tiap tokok yang berada di Kabupaten Siak. Dengan dilengkapi surat tugas dan kelengkapan administrasi lainnya, petugas melakukan crosscheck stok rokok yang disediakan oleh pemilik toko.

Petugas melakukan cek keaslian pita cukai hingga melaksanakan sosialisasi kepada masayarakat sekitar bagaimana cara untuk mengenali rokok-rokok ilegal yang selama ini beredar di pasaran. Dengan sosialisasi ini diharapkan masyarakat dapat ikut berperan serta memberantas rokok ilegal dengan cara menghindari konsumsi atas rokok tersebut. Tidak lupa juga, pada setiap toko yang telah dicek stok rokoknya serta telah dilakukan sosialisasi, petugas juga menempelkan stiker himbauan gempur rokok illegal di toko tersebut.

Baca Juga :   Tingkatkan Kelancaran Arus Barang, Bea Cukai-Karantina Terapkan Single Submission

“Dari kegiatan operasi pasar kali ini, Bea Cukai Pekanbaru berhasil menyita 17.940 batang rokok ilegal. Rokok yang diamankan petugas adalah rokok polos dan pita cukai palsu. Petugas kemudian membawanya ke Kantor Bea Cukai Pekanbaru untuk ditindaklanjuti,” tambah Firman.

Baca Juga :   Bea Cukai Jalin Kerja Sama dengan Pemerintah Pusat dan Daerah Hingga Australian Border Force

Sementara itu di wilayah Jawa Barat, Bea Cukai Bandung Bersama dengan Pemerintah Kota Bandung melaksanakan operasi pasar dengan mengunjungi perusahaan jasa titipan di kota Bandung. Dalam operasi ini tim gabungan berhasil mengamankan 5400 batang rokok yang tidak dilekati pita cukai.

Selain melaksanakan pengawasan tim gabungan melakukan sosialisasi kepada masyarakat dengan cara mendatangi toko-toko kelontong dan memberikan informasi mengenai rokok ilegal. Masyarakat diimbau agar jangan pernah menerima tawaran dari pihak-pihak tidak bertanggung jawab yang mencoba menawarkan rokok ilegal.(srv)

MIXADVERT JASAPRO