Hari Antikorupsi Sedunia 2021, Jokowi: KPK Jangan Berpuas Diri

JagatBisnis.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin menghadiri peringatan Hari Antikorupsi Sedunia 2021 di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Jakarta, Kamis (9/12/2021).

“Korupsi adalah kejahatan luar biasa karena mempunyai dampak yang luar biasa juga. Oleh sebab itu, membutuhkan penanganan extra,” kata Jokowi dalam sambutannya.

Jokowi menjelaskan, data kasus korupsi yang telah ditangani aparat hukum Indonesia. Jumlah sudah cukup tinggi. Meski demikian Jokowi mengingatkan aparat tidak jumawa. Aparat penegak hukum termasuk KPK jangan berpuas diri.

“Karena penilaian masyarakat terhadap upaya pemberantas korupsi masih diniliai belum baik. Semua pihak harus sadar mengenai ini,” tegas Jokowi.

Jokowi membeberkan, pemberantasan korupsi berada di peringkat kedua masalah yang harus diselesaikan. Sementara peringkat pertama adalah penciptaan lapangan kerja dan ketiga adalah kebutuhan pokok. Namun, korupsi sangat mempengaruhi pada indikator lainnya.

“Korupsi bisa ganggu lapangan kerja, korupsi juga bisa menaikkan harga kebutuhan pokok. Kalau dibandingkan negara tetangga di Asia Tenggara ranking indeks persepsi korupsi kita 2021 juga masih perlu kita perbaiki lagi,” tutup Jokowi. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO