Makam Ulama Nusantara Sayed Abdul Malik Jadi Warisan Budaya Afrika Selatan

JagatBisnis.com – Badan Warisan Budaya Nasional Afrika Selatan (South African Heritage Resources Agency) menetapkan makam ulama nusantara Sayed Abdul Malik sebagai warisan budaya nasional di Afrika Selatan. Deklarasi penetapan makam ulama nusantara Sayed Abdul Malik sebagai warisan budaya nasional itu dihadiri oleh KJRI Cape Town pada pekan lalu.

“Dengan penetapan makam Sayed Abdul Malik sebagai warisan budaya nasional, maka bangunannya akan dijaga dan dipelihara Badan Warisan Budaya Nasional Afrika Selatan,” kata KJRI Cape Town yang diterima di Jakarta, Rabu (8/12/2021).

Dia menjelaskan kerjasama bilateral antara Indonesia dan Afrika Selatan diharapkan semakin menguat dengan penetapan makam Sayed Abdul Malik sebagai national heritage Afrika Selatan. Ulama-ulama Indonesia telah mewarnai perkembangan Afrika Selatan dari awal kedatangan hingga saat ini. Saat ini terdapat 10 makam ulama yang telah ditetapkan sebagai situs warisan budaya Indonesia dari seluruh 31 makam ulama yang ditargetkan.

“Sayed Abdul Malik bersama Tuan Guru dan Syekh Yusuf merupakan beberapa ulama nusantara asal Indonesia yang memperkaya budaya Afrika Selatan dalam konteks spiritualitas.Harapannya dengan penetapan makam Sayed Abdul Malik sebagai national heritage akan memperkaya dan memperkuat hubungan bilateral antara Afrika Selatan dan Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu, Cape Mazaars Society, penggagas penetapan makam Sayed Abdul Malik sebagai warisan budaya nasional Afrika Selatan mengungkapkan penetapan itu melalui proses yang panjang. Karena sudah dimulai sejak 1980-an. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO