Ekbis  

Hadirnya Solo Technopark Bakal Beri Dampak Besar Bagi Milenial

JagatBisnis.com – Wali kota Solo Gibran Rakabuming menyampaikan kepercayaannya terhadap fasilitas yang dihadirkan oleh Shopee di “The New Solo Technopark” dapat memberikan dampak positif bagi masyarakatnya yang menggunakan ruang publik itu.

“Fasilitas ini akan membawa dampak besar bagi anak muda di kota Solo. Kita akan lihat semakin banyak UMKM yang naik kelas dan industri kreatif juga akan dikomandoi oleh anak-anak muda,” kata Gibran dalam keterangan tertulisnya dikutip, Selasa.

Shopee Creative & Community Hub serta Garena Gaming & Community Hub menjadi dua fasilitas yang diresmikan Gibran bersama dengan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki pada Senin (6/12/2021).

Keduanya menjadi fasilitas terbaru yang dimiliki dan bisa diakses oleh masyarakat Solo di Solo Technopark.

Baca Juga :   Bisnis SPBU Tak akan Bertahan Lama

Selain Shopee Creative & Community Hub yang dinilai mengembangkan potensi generasi muda solo, Garena Gaming & Community Hub dinilai oleh Gibran sebagai sarana mengembangkan potensi e-sports di kota yang berada di Provinsi Jawa Tengah itu.

Gibran mengatakan fasilitas mumpuni itu dapat semakin memperkuat keberadaan Solo Technopark sebagai ikon dari pusat inovasi dan vokasi yang memadukan unsur pengembangan iptek, kebutuhan pasar, industri dan bisnis untuk penguatan daya saing daerah.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki turut berpendapat fasilitas itu berperan menjadi katalis tumbuhnya banyak wirausaha baru, khususnya anak muda.

Teten menjelaskan dengan demografi Indonesia saat ini, diharapkan anak-anak muda dapat menjadi motor penggerak ekonomi digital Indonesia.

Baca Juga :   Mata Uang Safe Haven Jadi Perburuan

“Saya optimis dari tempat ini akan hadir anak-anak muda yang kreatif dan melahirkan generasi yang inovatif dengan hadirnya tempat yang nyaman dengan fasilitas yang dapat dimanfaatkan sehingga semoga Solo Technopark ini bisa menjadi Silicon Valley Indonesia,” katanya.

Shopee berharap dengan hadirnya fasilitas ini maka para pelaku UMKM dan juga industri kreatif dapat dapat mengembangkan ide, membangun jaringan hingga saling berbagi ilmu di antara komunitas.

Fasilitas ini juga menyediakan co-working space dengan fasilitas jaringan internet yang dapat digunakan oleh pelaku UMKM dan industri kreatif secara gratis.

Direktur Eksekutif Shopee Handhika Jahja berharap hadirnya fasilitas ini bisa menjadi ruang kreasi bagi pelaku UMKM dan industri kreatif.

Baca Juga :   Iklim Bisnis di Batam Menggiurkan, Ini Alasannya

“Kami berharap fasilitas ini dapat dimanfaatkan, khususnya pelaku UMKM dan industri kreatif yang membutuhkan tempat untuk bekerja dan berkolaborasi. “ujar Handhika.

Handhika juga mengatakan telah menyiapkan rangkaian kegiatan yang akan dipusatkan di Shopee Creative & Innovation Hub.

Kegiatan ini juga diharapkan dapat memancing para pelaku di industri kreatif untuk dapat memanfaatkan fasilitas ini.

Peresmian ini juga ditandai dengan event Pekan Kreasi Shopee yang menghadirkan bazar dan pameran pelaku UMKM lokal.

Setidaknya ada 30 UMKM yang terlibat dalam acara yang digelar pada tanggal 4 hingga 6 Desember 2021.(pia)

MIXADVERT JASAPRO